Resep Lapis Tepung Beras Tradisional Paling Enak

Kue lapis merupakan makanan pencuci mulut yang mempunyai cita rasa manis. Kue tradisional ini memang terkenal karena tekstur kenyal dan kelezatan rasanya yang khas. Tak heran jika kue lapis ini cocok untuk disajikan pada berbagai acara dan sebagai cemilan. Membuatnya pun tidak terlalu sulit. Untuk anda yang ingin mencobanya, anda bisa mengulik resep lapis tepung beras yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras Dengan Mudah

Resep Lapis Tepung Beras
Resep Lapis Tepung Beras

1. Bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat kue ini, anda memerlukan 185 gram tepung beras, 150 gram gula pasir dan setengah sendok teh garam. Selain itu, untuk memberikan warna hijau pada kue lapis tepung beras ini anda bisa memberikan 7 tetes pewarna hijau. Serta 800 ml santan yang diambil dari setengah butir kelapa. Dan terakhir anda juga mebutuhkan satu per delapan sendok teh vanili bubuk.

2. Cara membuat adonan

Untuk membuat kue lapis tepung beras, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat adonannya terlebih dahulu. Disini anda harus menyiapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan. Kemudian masukkan bahan-bahan seperti tepung beras, garam, gula dan vanili bubuk lalu aduk hingga merata. Setelah itu, anda bisa mengambil santan yang sebelumnya telah dipersiapkan.

Nah, anda dapat menuangkan santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan resep lapis tepung beras ini sambil diaduk-aduk secara merata hingga donan terasa licin. Selanjutnya anda bisa membagi adonan tersebut menjadi dua bagian. Lalu, tambahkan pewarna makanan hijau ke dalam salah satu adonan dan aduklah sampai merata. Untuk adonan yang lain, anda dapat membiarkan adonan tersebut berwarna putih.

3. Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras

Untuk membuatnya anda bisa menyiapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus kue lapis ini. Sebelumnya, olesi terlebih dahulu loyang dengan menggunakan minyak dan berikan  plastik sebagai alasnya. Lalu, anda bisa memanaskan loyang ke dalam kukusan yang telah disiapkan. Tunggu beberapa saat hingga loyang benar-benar panas. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit adonan putih ke dalam loyang dan kukuslah sekitar 5 menit hingga tekstur adonan mengeras.

Langkah selanjutnya dalam resep lapis tepung beras, yaitu tuangkan adonan kembali ke dalam loyang, namun pada adonan kedua ini pilihlah adonan yang berwarna hijau dan tuangkan di atas adonan putih yang telah mengeras, lalu kukus hingga menjadi tekstur keras. Berikutnya ulangi untuk menuangkan kembali adonan putih dan lakukan langkah yang sama terus-menerus hingga adonan benar-benar habis.

Untuk membuat kue lapis menjadi benar-benar matang, anda perlu mengukusnya sekitar 10 menit dan setelah kue matang, anda bisa mematikan kompor dan mengangkatnya. Tunggulah beberapa saat hingga kue dingin dan potong-potonglah kue dengan ukuran dan bentuk sesuai dengan selera anda. Lalu, anda bisa menyajikannya pada piring saji yang telah disiapkan.

4. Saran untuk Menyajikan

Jika kue yang anda buat dengan resep lapis tepung beras telah matang, anda bisa memotongnya sesuai selera dan ukuran yang anda inginkan. Selain itu, anda bisa meletakkan dan mengtur kue ini pada piring saji yang cantik untuk menyajikannya sebagai jamuan.  Karena memiliki rasa yang manis, sebaiknya kue ini disajikan dengan teh tawar hangat sebagai pendampingnya.

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika membuat kue ini. Ketika membuat lapisan kue lapis, perhatikan kematangan dari adonan dasarnya sebelum anda menuangkan adonan selanjutnya. Selain itu, untuk lapisan terakhir anda juga memerlukan waktu mengukus yang lebih lama agar kue yang dihasilkan matang secara sempurna.

Baca resep masakan terbaik kami lainnya pada posting berikut ini:

%d blogger menyukai ini: