Kumpulan Resep Nasi Goreng Paling Ciamik #DIJAMIN

Resep nasi goreng ini kami posting karena kami adalah penggemar berat masakan ini. Pokoknya berbagai macam jenis nasi goreng ngga pernah bikin kami bosen. Apalagi bikin nasi gorengkan gampang, kalo dibanding dengan buat masakan yang lain.

Pengertian Nasi Goreng

Jika dilihat dari wikipedia, pengertian nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.

Resep kali ini dikumpulkan dari berbagai sumber dan sudah dites rasanya sangat lezat. Jadi yuk tinggal dipraktekin aja. Selamat mencoba.

Kumpulan Resep Nasi Goreng Lezat Mudah Dibuat

1. Resep Nasi Goreng Hotel Bintang Lima

Nasi goreng ala resto bintang lima didapat dari salah satu chef resto besar di Bandung. Jadi rasanya udah ngga usah disangsikan lagi yah Mama.

Resep Nasi Goreng Hotel Bintang Lima
Resep Nasi Goreng Hotel Bintang Lima

Bahan-bahan :

  • Nasi putih satu mangkuk penuh ukuran sedang

Bumbu halus :

  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 3 siung
  • Cabe merah dua buah
  • Tomat seperempat buah
  • (Ulek sampai halus semua)

Bumbu bumbu penyedap kurang lebih takarannya:

  • Kecap ikan 3 sdm
  • Kecan asin atau soy sauce 2 sdm
  • Minyak wijen 3 sdm
  • Margarine 1 sdm
  • Kecap inggris 1 sdm
  • Kecap kental manis 3 sdm
  • Saus teriyaki 1 sdm

Tambahan : bisa disesuaikan dengan selera

  • Daging ayam goreng disuir suir secukupnya
  • Jamur kancing secukupnya potong atau iris tipis tipis
  • bubuk kaldu ayam secukupnya
  • bubuk merica hitam 1 sdm atau sesuai selera.

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus dengan margarine hingga harum masukan ayam goreng aduk aduk masukan nasi lalu beri tambahan jamur kancing aduk sebentar lalu beri bumbu semuanya aduk aduk lagi hingga merata dan rasanya pas. Angkat dan sajikan hangat hangat..

Tips untuk membuat nasi goreng menjadi enak :

  • Gunakan nasi yang sudah didinginkan terlebih dahulu dari tempat nasi. Jangan panas panas. Lebih bagus lagi nasi yang didinginkan semalam ditempat nasi. Gunakan nasi kualitas baik agar hasilnya bisa kering tidak lembek ketuka digoreng.
  • Nasi goreng ala resto kuncinya wajib menggunakan kecap ikan yang agak banyak sampai terasa harum dan rasanya yang khas. Jadi jika masih kurang terasa aroma dan rasa khasnya bisa ditambahkan lagi.
  • Goreng nasi dengan menggunakan api yang besar agar aroma dan rasa dari bumbu bumbunya bisa lebih keluar lagi dan menyerap ke nasi goreng tapi tangan kita mesti cekatan untuk tetap cepat membalik balikan nasi agar tidak ada kerak nasi dan nasi bisa menjadi gosong.
  • Bumbu bumbu kecap bisa dimasukan ke wajan dengan dikucurkan ke sisi wajannya atau penggorengan lalu dengan cepat kita aduk aduk.merata dengan nasinya.
  • Jika rasanya masih kurang asin jangan memasukan garam tapi tambahkan saja margarine lagi diakhir penggorengan agar rasanya bisa pas tidak menjadi keasinan dan menjadi lebih gurih lagi..

2. Cara Membuat Nasi Goreng Teri Sosis

Resep nasi kali ini kiriman dari bunda @reystafauzia, yang pasti rasanya nyus banget yah mama

2. Cara Bikin Nasi Goreng Teri Sosis
Cara Bikin Nasi Goreng Teri Sosis

Bahan-bahan :

  • 2 piring nasi
  • 1 genggam teri medan, goreng
  • bh sosis
  • 2 btr telur
  • 2 btg daun bawang, rajang
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 3-5 sdm kecap manis
  • 1 sdt minyak wijen
  • Garam

Cara Masak :

  • Orak-arik telur terlebih dahulu
  • Lalu tambahkan bawang putih halus tumis hingga wangi, aduk rata bersama telur.
  • Masukkan jg sosis aduk bentar hingga sosis terlihat matang, tambahkan kecap, saus sambal dan saus tomat, aduk-aduk.
  • Campurkan nasi, beri garam, aduk rata lagi, terakhir tambahkan daun bawang, teri dan minyak wijen, masak hingga daun bawang layu, koreksi rasa lalu angkat.
  • Sajikan.

3. Cara Bikin Nasi Goreng Ikan Asin

Kalo nasi goreng kali ini dimasak ala xanderkitchen yang udah terjamin kemampuan masaknya. Langsung di praktekin aja deh mama, kami yakin keluarga mama pasti pada suka.

Cara membuat Nasi Goreng Ikan Asin
Cara membuat Nasi Gore Ikan Asin

Bahan-bahan :

1 piring nasi putih dingin

1 bh ikan asin potong2

1 btr telur

2 btg buncis , iris halus

2 siung bawang putih , iris halus

2 bh bawang merah , iris halus

5 bh cabe rawit , iris halus

Kecap asin

Garam , gula , merica secukupnya

Cara masak :

1.Goreng ikan asin. Angkat. Sisihkan

2. Dengan sisa minyak tumis bawang merah, bawang putih , cabe rawit, buncis sampai harum, masukkan telur beri sedikit kecap asin. Aduk

3. Masukkan nasi putih dan ikan asin. Aduk. Tambahkan kecap asin, garam , gula dan merica. Cicipi

4. Masak sambil terus diaduk sampai nasi agak kering. Angkat. Sajikan

4. Resep Nasi Goreng Hongkong

Ternyata bukan di negara kita aja loh yang suka bikin nasi goreng. Di Hongkong resep nasinya juga enyak enyak. Kita cobain yuk

Resep Masakan Nasi Goreng Hongkong
Resep Masakan Nasi Goreng Hongkong

Bahan-bahan :

– 2 porsi nasi

– 1btr bawang bombay, uk kecil, potong memanjang

– 3 siung bawang putih, geprek dan cincang

– 1 butir telur

– saus tomat, kecap asin, kecap manis, garam dan kaldu ayam bubuk non msg secukupnya

– 3 buah cabe rawit (optional)

– minyak untuk menumis

Sayuran :

– 7-10 buah baby buncis/buncis biasa, potong kecil2

– 1bh wortel, potong dadu kecil2

– 1bh jagung manis, uk kecil, serut

# didihkan air, masukan semua potongan sayur rebus sebentar, beri sedikit garam, lalu angkat dan rendam di air es, lalu saring, sisihkan.

Cara membuat nasi goreng :

1. tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dengan api sedang, sisikan ke samping wajan, masukan telur lalu orak arik. Kl telur sdh matang aduk kembali dengan bawang.

2. masukan sayuran dan cabe rawit aduk sampai rata dan sayur mengkilat

3. kecilkan api, masukan nasi, garam, kecap asin, kecap manis, saus tomat dan kaldu ayam bubuk.

4. besarkan api, aduk nasi sampai rata dan tdk bergerindil, kecilkan api lalu cek rasa jika sdh pas, besarkan api di aduk kembali sampai garam dan bumbu menyerap sempurna.

5. jika sudah, matikan api dan siap di hidangkan 😊👍

5. Resep Nasi Goreng sosis

ala @dewi.yuliana23

NASI GORENG SOSIS
NASI GORENG SOSIS

Bahan-bahan : (untuk satu porsi 🍛)

1 piring nasi putih dingin

1 buah sosis potong2

1 butir telur

1 siung bawang putih cincang

2 cabe rawit iris iris

sedikit daun bawang iris (karna cuman sedikit jadi ga terlihat 😆)

1/2-1 sdt bumbu nasgor instan rasa ayam (optional) saya pakai merk ‘larasa’

1 sdm saos tiram

1 sdt kecap manis

sedikit kecap asin

sedikit kaldu jamur (bisa diskip kalau sdh pakai bumbu nasgor instan)

CARA MEMBUAT :

1. Tumis bawang putih cincang sampai wangi, tambahkan irisan rawit dan daun bawang aduk sampai layu, masukkan sosis masak lagi sebentar, sisihkan ke pinggir wajan, masukkan telur di sampingnya buat orak arik

2. Masukkan saos tiram dan kecap, aduk rata, tambahkan nasi, bumbu nasgor instan aduk cepat dengan api besar sampai tercampur rata, cek rasa sesuaikan selera, siap disajikan 👌 . .

6. Resep Nasi Goreng Magelangan Yang Sedap

=========================

Menyantap Nasi Goreng Magelangan bisa setiap saat. Di santap malam hari atau di pagi hari sama enaknya. Nasi goreng yang tampil komplet dengan kol, daging ayam dan mie ini rasanya dijamin lezat.

resep cara buat nasi goreng magelangan
resep cara buat nasi goreng magelangan

Bahan-bahan :

– 2 butir telur, kocok lepas

– 4 lembar kol, iris

– 1000 gram nasi putih

– 100 gram mi bulat kecil (yun yi), direbus

– 1 buah paha ayam atas bawah, rebus dan iris tipis melebar

– 2 sendok makan kecap manis

– 1 sendok teh garam

– 2 1/2 sendok teh merica bubuk

– 2 batang daun bawang, iris halus

– 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :

– 5 butir bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 3 butir kemiri, goreng

Bahan pelengkap :

– 1 buah tomat, iris

– 5 buah cabai rawit hijau

– 1 sendok makan bawang goreng

Cara membuat :

– Panaskan minyak dan tumis bumbu halus sampai harum lalu tambahkan telur dan aduk hingga berbutir.

– Masukkan kol dan aduk hingga setengah layu.

– Tambahkan nasi, mi, ayam, kecap manis, garam dan merica bubuk lalu aduk sampai matang.

– Tambahkan daun bawang dan aduk rata lalu sajikan dengan pelengkap.

7. Resep Nasi : Nasi Goreng Kampung

Terasi udang yang wangi jadi ciri khas nasi goreng ini. Rasa pedas-pedas gurih membuat nasi goreng ini makin enak dimakan dengan kerupuk dan acar mentimun. Bikin yuk!

Resep nasi goreng kampung
Resep nasi goreng kampung

Bahan-bahan:

500 g nasi

3 sdm minyak sayur

150 g daging ayam goreng suwir

3 sdm kecap manis

2 butir telur ayam

1 sdm kaldu bubuk non MSG

1/2 sdt merica bubuk

Haluskan:

5 butir bawang merah

3 siung bawang putih

3 buah cabe merah

2 sdt terasi goreng

2 sdt garam

Pelengkap:

Keurupuk kanji

Acar mentimun

Cara Membuat:

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi.

Kocok telur hingga rata. Tuangkan ke dalam bumbu. Aduk rata.

Masukkan nasi, ayam suwir, kaldu bubuk, kecap manis dan merica.

Aduk-aduk hingga seluruhnya tercampur rata dan agak kering.

Angkat dan sajikan dengan Pelengkapnya.

8. Resep Nasi Goreng ‘Yang Chow’

Nasi goreng ini jadi menu andalan restoran oriental. Membuatnya ternyata tak sulit, selain memakai api besar cara mengaduk bumbupun jadi rahasia rasa enakanya.

Nasi goreng 'Yang Chow'
Nasi goreng ‘Yang Chow’

Bahan-bahan:

500 g nasi pulen

100 g charsiu BBQ chicken

100 g udang kupas

3 butir telur ayam

5 g daun bawang iris kasar

Bumbu:

10 g garam

10 g kaldu ayam bubuk

1 sdt kecap asin

Cara Membuat:

Cuci udang lalu potong-potong

Potong-potong ayam panggang.

Panaskan minyak dalam wajan, masukkan udang dan ayam.

Masak sebentar hingga matang. Tiriskan.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan.

Masukkan telur, aduk hingga bergumpal dan matang.

Masukkan nasi, aduk-aduk hingga terurai.

Tambahkan udang dan ayam panggang. Aduk rata.

Bumbu dengan garam, kaldu ayam bubuk dan kecap.

Aduk-aduk hingga rata lalu angkat.

Sajikan hangat.

9. Nasi Goreng Hijau

Blender bayam untuk menciptakan warna hijau alami pada nasi goreng kesukaan keluarga. Ikuti resep Nasi Goreng Hijau ini untuk menciptakan menu sarapan sehat esok hari.

Cara membuat nasi goreng hijau sehat
Cara membuat nasi goreng hijau sehat

Bahan-bahan :

– 250 gram beras

– 300ml santan dari 1/2 butir kelapa

– 100 gram daun bayam, blender dengan 100ml air

– 1/2 sendok teh garam

– 3 lembar daun salam

– 3 batang serai, ambil putihnya dan memarkan

– 2 lembar daun pandan

Bumbu dan pelengkap :

– 1 sendok makan kecap ikan

– 1/2 sendok teh garam

– 1/4 sendok teh merica bubuk

– 2 butir telur, kocok lepas

– 250 gram udang, kupas sisakan ekornya dan belah punggung

– 75 gram mix vegetables

Bumbu halus :

– 5 buah bawang merah, digoreng

– 4 siung bawang putih, digoreng

– 4 butir kemiri, digoreng

– 1 sendok teh ebi, digoreng

Cara membuat :

– Nasi uduk : didihkan santan, air bayam, garam, daun salam, serai dan daun pandan.

– Tambahkan beras dan masak sambil diaduk sampai mengering (atau langsung masukkan dalam rice cooker).

– Kukus beras di atas api sedang selama 45 menit sampai matang lalu sisihkan

– Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum lalu sisihkan di pinggiran wajan.

– Masukkan telur dan masak sambil diaduk hingga berbutir. Tambahkan udang dan aduk hingga berubah warna. Masukkan nasi uduk dan mix vegetables lalu aduk rata.

– Tambahkan kecap ikan, garam dan merica bubuk lalu aduk hingga matang.

10. Resep Masakan Nasi Goreng Siram Kikil

=========================

Agar nasi goreng lebih mantap kita bisa menambahkan siraman kikil di atasnya. Tekstur dan rasa kikil yang istimewa membuat nasi goreng kali ini jadi lebih spesial.

Nasi Goreng Siram Kikil
Nasi Goreng Siram Kikil

Bahan-bahan :

– 1000 gram nasi putih, angin-anginkan

– 3 butir bawang merah, diiris

– 3 siung bawang putih, dicincang halus

– 3 sendok makan kecap manis

– 1/2 sendok makan kecap asin

– 1/2 sendok teh garam

– 1/2 sendok teh merica bubuk

– 1 sendok makan minyak untuk menumis

– 1 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan

Bahan siram :

– 150 gram kikil, direbus matang dan dipotong 1cm x 1cm

– 2 butir telur, dikocok lepas

– 1/4 buah bawang bombai, dipotong panjang

– 2 buah cabai merah, diiris

– 2 buah cabai hijau, diiris

– 3 buah cabai rawit merah, dipotong-potong

– 1 batang daun bawang, diiris

– 1 sendok makan kecap manis

– 1/2 sendok teh garam

– 1/4 sendok teh merica bubuk

– 150ml air

– 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :

– Nasi goreng : panaskan minyak lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum kemudian masukkan nasi dan aduk rata.

– Tambahkan kecap manis, kecap asin, garam dan merica bubuk lalu aduk sampai matang dan sisihkan.

– Siraman : panaskan minyak dan tumis bawang bombai sampai harum. Masukkan cabai merah, cabai hijau, cabai rawit dan daun bawang lalu aduk sampai layu kemudian tepikan di pinggir wajan.

– Masukkan telur dan aduk sampai berbutir.

– Tambahkan kikil, kecap manis, garam dan merica bubuk lalu aduk rata.

– Tuang air lalu masak sampai matang dan meresap.

– Siram di atas nasi dan taburi bawang merah goreng.

11. Video Resep Nasi Goreng Babat Gongso

Nasi Goreng Babat Gongso

Nasi goreng Semarang yang wajib banget kamu coba!Resep Lengkap 👉https://bit.ly/2WVuSIc📲Dapatkan kenikmatan Indonesia lainnya pada aplikasi kami 👉 http://link.tastemade.com/HE7m/meU5N77tQx

Posted by Tastemade Indonesia on 2019 m. birželio 21 d., penktadienis

Referensi dan Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Nasi_goreng_(Indonesia)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: