Kumpulan Resep Ayam Kecap Yang Bikin Ketagihan #untukjualan

Kumpulan resep ayam kecap ini kami posting agar suatu saat nanti jika mama berniat untuk jualan makanan, resep-resep ini bisa menjadi referensi. Posting kali ini merupakan kiriman dari mama mama yang telah membuktikan lezatnya resep punya mereka. Silahkan dicoba yah.

Pengertian Resep Ayam Kecap

Jika dilihat dari wikipedia resep ayam kecap atau ayam masak kicap adalah sebuah hidangan ayam Asia Tenggara Maritim yang dibumbui atau disiram kecap manis (bahasa Melayu: kicap lemak manis) yang umum ditemukan dalam Indonesia dan Malaysia.

wikipedia

Kumpulan Resep Ayam Kecap | Dijamin Nambah

Yuk Mama silahkan dipilih resep mana yang akan dicoba hari ini.

1. Resep Ayam Kecap Manis Pedas

1. RESEP AYAM KECAP MANIS PEDAS
1. RESEP AYAM KECAP MANIS PEDAS

Bahan-Bahan :

  • 1 ekor ayam (kira-kira berat 1,2-1,5 kg)
  • 1 jeruk nipis
  • Garam secukupnya

Bumbu tambahan:

  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 cm jahe, iris-iris
  • 1/2 siung bawang bombay, iris
  • 1/2 batang daun bawang, potong-potong
  • 3 buah cabe merah iris serong
  • 3 lembar Daun jeruk
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 8 sendok makan Kecap Bango / sesuai selera
  • 1-2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 3 sendok makan saus sambal (aq pake saus abc manis pedas)
  • Garam (secukupnya)
  • 300 ml Air matang /secukupnya
  • 1/2 buah jeruk lemon/ ganti dengan air asam jawa sesuai selera. (Jangan ganti jeruk nipis)
  • Minyak goreng utk menumis secukupnya
  • Haluskan : 6 cabe merah keriting (skip yg ga suka pedas)

Cara memasak :

Cara membuat ayam kecap bango:

  • Cuci bersih ayam dan lumuri dengan jaruk nipis, sedikit lada dan garam. Diamkan selama 10 menit di kulkas.
  • Panaskan air secukupnya sampai mendidih, rebus ayam setengah matang. Angkat & tiriskan.
  • Tumis duo bawang, jahe, daun jeruk & cabe iris, cabe yg dihaluskan hingga harum & tercampur rata.
  • Tambahkan kecap manis, kecap asin, saus tomat, saus sambal, cabe halus, aduk rata.
  • Tambahkan pala & lada, air lemon
  • Masukan ayam aduk rata.
  • Tambahkan air secukupnya..aduk lagi hingga airnya mengental menyusut (kentalnya sesuaikan dengan selera). Koreksi rasa..Tambahkan garam jika kurang
  • Tambahkan duan bawang, dan bawang bombay, aduk rata, matikan api kompor.

2. Ayam Goreng Kecap Mentega Pedas

Resep yang satu ini cocok untuk anda yang sangat suka ayam goreng dengan sensasi kecap pedas. Rasa lezat dan pasti pengen lagi

2. Ayam goreng kecap pedas
2. Ayam goreng kecap pedas

Bahan-bahan:

  • 1 kg ayam,potong sesuai selera,cuci bersih,beri perasan air jeruk nipis + garam + merica, diamkan selama 15 menit kemudian goreng sampai matang

Bumbu:

  • 1 sendok makan margarin
  • 2 sendok makan baceman bawang ( #bacemanbawangochachupid )
  • 1 buah bawang bombay,cincang halus
  • 15 buah cabe rawit rebus,lalu haluskan
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 3 sendok makan kecap manis (sesuai selera)
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Gula,garam dan kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  • Panaskan margarin, tumis baceman bawang dan bawang bombay hingga harum
  • Beri air secukupnya, tunggu hingga air mendidih,masukkan potongan ayam
  • Bumbui dengan kecap asin, kecap manis, merica,gula, garam dan kaldu bubuk
  • Masukkan cabe rawit yg sudah dihaluskan, aduk2 hingga rata
  • Koreksi rasa,tunggu hingga kuah menyusut dan kering
  • Ayam goreng kecap pedas siap disajikan

3. Ayam Kampung Goreng Kecap

3. Resep Ayam Kampung Goreng Kecap
Resep Ayam Kampung Goreng Kecap

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam potong sesuai selera (kami menggunakan ayam kampung)
  • 4 butir bawang putih iris / cincang
  • 8 butir bawang merah iris/cincang
  • 1 butir bawang bombay iris
  • 2 buah cabe merah besar buang biji iris
  • 2 buah cabe ijo besar buang biji iris
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 3 sendok makan kcp asin (saya pake lee kum kee premium)
  • 8-9 sendok makan kcp manis/sesuai selera
  • 1/4 biji pala parut
  • 1 butir tomat potong2
  • 1 butir jeruk limau
  • Secukupnya garam, lada
  • Secukupnya air untuk ungkep ayam

Cara memasak:

  • Tumis bawang merah, bombay, bawang putih, cabe sampai wangi
  • Masukkan ayam, tomat, saus tiram, kecap asin, kcp manis, pala, lada, garam bila perlu (saya ga pake garam lg) aduk rata, tambahkan air, masak dgn api kecil smpai empuk, meresap, dan kuah menyusut, matikan api, beri perasan jeruk limau, aduk rata, sajikan dgn nasi hangat😘

Tips : Masak nya yang lama sampai bumbu nya meresap ya.. Kami menggunakan ayam kampung digodog hampir 1,5 jam pakai api kecil, empukkk bgt.. kalau pakai ayam boiler juga boleh ya.. potong kecil2 supaya bumbu cepat meresap, karena ayam boiler daging nya tebel tetapi lebih cepat hancur daging nya, kalau ayam kampung potong besar2 tidak apa apa, soalnya daging nya lebih tipis.

4. Resep Ayam Kecap Sederhana Lezat

Menu yang paling sering banget di masak di rumah, oiya yg kali ini di modif dengan tambahan jeruk limo di kucurin setelah mateng, jadi nya wangiii banget,dan karna anak2 udah makan pedes,cabe rawit nya juga ikut diulekin di bumbu halus yaaa 😁 .

4. Cara Memasak Ayam Kecap Sederhana

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam,bumbui dan goreng
  • 4 siung bawang merah,iris
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 btg daun bawang
  • Cabe rawit
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 2 sendok makan saus pedas manis
  • 5 sendok makan kecap manis
  • (Haluskan)
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 buah pala
  • 1 sendok teh merica
  • Rempah (cengkeh,kapulaga,kayu manis,bunga lawang)
  • Garam

Cara membuat :

Tumis bawang merah dgn sedikit minyak,masukkan bumbu halus hingga harum; beserta rempah lainnya,kemudian masukkan bawang bombay yg telah diiris,masukkan rawit,kecap manis,saus sambal,saus tiram,kemudian masukkan daun bawang,aduk rata,masukkan ayam,masak hingga bumbu meresap ke ayam,boleh ditambahkan air sedikit.

5. Ayam Masak Kecap | Sweet Soy Sauce Chicken

5. Ayam Masak Kecap Sweet Soy Sauce Chicken
5. Ayam Masak Kecap Sweet Soy Sauce Chicken

Bahan-bahan:

  • 250 gram ayam, potong kecil21/2 bawang bombay, potong panjang
  • 2 butir bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1 sendok makan gula jawa
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 50-100 ml air panas
  • Garam, merica, secukupnya
  • 1 buah tomat, belah bagi 6
  • Daun bawang, potong panjang

Bumbu halus:

  • 2 butir bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Sedikit jahe
  • 2 cm kunyit
  • Garam

Cara membuat:

  • Lumuri ayam dengan bumbu halus, diamkan 15menit.
  • Siapkan minyak panas, goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Angkat sisihkan.
  • Ambil sedikit sisa minyak gorengan ayam, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan bawang putih sampai harum. Beri gula jawa, air asam,& kecap manis. Tuangkan air..lalu masukkan ayam gorengnya, beri sisa bumbu..masak sampai kuah memgental, koreksi rasa. Matikan kompor. Masukkan tomat & daun bawang. Aduk sebentar. Sajikan & taburi bawang goreng.

6. Resep Ayam Kecap Enak dan Empuk Pedas

6. Ayam Kecap PEDAS

Bahan-bahan :

  • 1 ekor ayam.
  • 6 siung bawang putih, cincang.
  • 6 butir bawang merah, cincang.
  • 1 buah daun bawang, iris.
  • 10 buah cabe rawit, potong-potong.
  • 5 lembar daun jeruk.
  • 1 ruas lengkuas, geprek.
  • 1 buah tomat, potong-potong.
  • 5 sendok makan kecap manis, sesuai selera.
  • Gula garam dan merica, secukupnya.

Cara membuat :

  • Bersihkan ayam. Rebus ayam hingga air mendidih. Tiriskan, rendam ayam dalam air es supaya kenyal. Tiriskan.
  • Panaskan sedikit minyak. Tumis semua bumbu hingga harum. Masukan air, ayam dan kecap. Masak hingga bumbu meresap. Koreksi rasa, lalu sajikan.

7. Resep Ayam Bakar Kecap

Resep yang ini bisa anda pakai untuk jualan ayam bakar loh. Karena sudah terbukti rasanya enak dan laku dipasaran. Selamat mencoba.

7. resep ayam bakar kecap
7. resep ayam bakar kecap

Bahan bahan

  • Ayam 1 ekor yang besar/ atau 1,5 ekor yang khusus ayam bakar
  • Air untuk ungkep ayam
  • Bahan yang dihaluskan:
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok teh ketumbar, sangrai
  • 1/2 sendok teh merica,sangrai
  • 1/4 sendok teh jinten, sangrai
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih

Tambahan

  • 1 ruas lengkuas keprek
  • 2 batang Sereh
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • Gula merah 1 keping
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • Penyedap
  • Kecap

Cara membuat:

  • Bersihkan ayam beri perasan jeruk nipis dan garam diamkan sebentar setelah itu cuci bersih sisihkan.
  • Haluskan semua bahan.
  • Masukkan ayam kedalam wajan tambahkan air, masukkan bumbu halus, beserta sereh, salam, daun jeruk.
  • Ungkep ayam hingga matang meresap, beri garam, gula merah,kecap, air asam jawa, koreksi rasa.
  • Setelah ayam empuk dan matang bakar ayam dengan ditambahkan olesan kecap dan sedikit margarin.
  • Bolak balik ayam bakar hingga merata.
  • Angkat dan sajikan bersama sambal ayam bakar

Sambal Ayam Bakar/ Kremesan

Bahan bahan :

  • Digoreng bahan A
  • Cabe merah keriting 100 gram
  • Cabe rawit merah 50 gram
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang Putih 3 siung
  • Tomat 2 kecil
  • Kemiri 5-6 butir
  • Daun jeruk 2-3 lembar ( kalau suka)
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • Untuk cabe bisa disesuaikan selera kalo kurang pedes rawit ditambah

Bahan B

  • Terasi sedikit
  • Air asam jawa 1 sendok makan ( atau selera aja ya)
  • Gula merah secukupnya
  • sedikit gula pasir
  • sedikit kecap
  • Penyedap
  • Garam

Cara membuat

1. Panaskan wajan, goreng bahan A

2. Angkat bahan A dan haluskan.

3. Setelah dihaluskan masukkan kembali bahan A ke wajan pakai sisa minyak yang habis menggoreng cabe tadi.

4. Masak kembali masukkan bahan B koreksi rasa. Angkat sajikan

8. ~ Cara Membuat Ayam Kecap Asam Manis ~

Selain enak masakan yang satu ini juga segar menggugah selera.

8. Resep Ayam Kecap Asam Manis
8. Resep Ayam Kecap Asam Manis

Bahan-bahan:

  • 1 kg ayam
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 cm jahe, cincang halus
  • 5 siung bawang merah, iris-iris
  • 2 sachet kecap bango
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 1 sendok makan asam jawa,
  • 3 lembar daun jeruk
  • Secukupnya garam & gula pasir
  • Secukupnya lada bubuk & penyedap roy- o
  • 1 1/2 gelas air

Cara membuat:

Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, masukan bawang merah, tomat, asam jawa, garam, gula pasir dan 1 sachet kecap bango, masukan ayam masak hingga ayam berubah warna, masukan lada bubuk penyedap, air dan tutup, masak hingga ayam empuk dan airnya surut. Lalu masukan lagi 1 sachet kecap bango, aduk rata angkat dan sajikan.

9. Resep Ayam Bakar Kecap

9. Resep Ayam Kecap Bakar
9. Resep Ayam Kecap Bakar

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam potong jadi 4
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan gula merah, sisir
  • 3 daun salam
  • 3 serai
  • 1 liter air kelapa
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh bubuk ebi (skip)
  • 1 sendok teh kaldu bubuk

Bumbu halus :

  • 10 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 5 kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

Cara membuat:

  • Aduk rata bumbu halus dan air kelapa di satu panci
  • Masukkan ayam, daun salam, serai. Rebus. Tambahkan kecap dan gula merah
  • Bumbui garam, kaldu bubuk, dan bubuk ebi. Biarkan sampai air menyusut dan ayam empuk
  • Panaskan grill pan , olesi sedikit minyak. Bakar ayam dgn sesekali diolesi sisa bumbu rebusan ayam
  • Sajikan dengan nasi hangat, sambal dan lalapan

10. Resep “AYAM KECAP KENTANG”

10. Resep Ayam Kecap Kentang
10. Resep Ayam Kecap Kentang

Bahan-bahan:

  • 5 potong ayam(cuci bersih&potong kecil)
  • 3 buah kentang (potong dadu),goreng.
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 cabe merah(iris serong)
  • 1 batang daun bawang(iris serong)
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saos tomat
  • 1 sendok teh kecap raja rasa
  • Lada secukupnya
  • Gambar & kaldu jamur secukupnya
  • Sedikit air

Cara membuat:

  • Tumis tumis bawang merah dan putih hingga harum dan berubah warna. Kemudian masukkan ayam,tumis hingga ayam matang.
  • Sementara menumis ayam, tambahkan kecap manis,saos tomat, kecap raja rasa,lada,garam dan kaldu ayam. Aduk sebentar. Koreksi rasa.
  • Setelah ayam matang, tambahkan kentang biarkan sebentar. Kemudian masukkan cabe dan daun bawang.

11. Video Cara Membuat Ayam Bakar Kecap yang Enak dan Lezat

Resep Ayam Bakar Kecap yang enak dan lezat

resep yang teman-teman nantikan, kali ini saya akan membagikan resep masakan melalui video… terima kasih…#resep #makan #ayam #ayambakar #enak #lezat

Posted by TMS TV on 2019 m. kovo 1 d., penktadienis

Semua resep yang kami posting merupakan kiriman dari mama mama yang senang masak. Sudah dicoba dan rasanya sedap. Jangan lupa coba juga resep kami sebelumnya yaitu kumpulan resep nasi goreng

Jika yang suka berkuah dapat juga membuat kuah agak banyak, sesuai dengan resep ayam kecap kuah

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_kecap

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: