Yuk Intip Resep Bumbu Sate Daging Sapi Untuk Makan Malam Anda

Memasak di rumah merupakan kegiatan yang menyenangkan. Ditambah lagi nantinya anda pun juga bisa berhemat dan menikmati masakan yang sesuai dengan lidah anda dan keluarga. Bagi anda yang menggemari sajian sate, anda pun perlu untuk mengetahui resep bumbu sate daging sapi dan bagaimana cara membuatnya. Untuk anda yang penasaran? Maka anda pun bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Bahan Utama Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sate Dengan Daging Sapi

Resep Bumbu Sate Daging Sapi
Resep Bumbu Sate Daging Sapi

Untuk bahan bahan yang diperlukan, tentu saja anda akan membutuhkan daging sapi. Sehingga, anda pun bisa menyiapkan sebanyak 250 gram daging sapi has luar. Kemudian, anda pun juga bisa menyiapkan minyak goreng sebanyak dua sendok makan. Tak lupa siapkan 2 lembar daun pepaya yang bisa anda remas remas sebelumnya sehingga menjadi lebih kecil dan mudah digunakan.

Setelah menyiapkan resep bumbu sate daging sapi, maka anda pun juga perlu untuk menyediakan kecap manis. Anda kira kira akan membutuhkan kecap manis tersebut sebanyak 3 sendok makan. Kemudian, persiapkan tusuk sate yang terbuat dari kayu kurang lebih sebanyak 10 buah. Atau jika anda ingin memotong daging satenya dengan lebih kecil maka anda pun bisa menyiapkan lebih dari 10 buah tusuk sate.

Baca juga : Kumpulan Berbagai Resep Udang Goreng Tepung Paling Enak

Bahan Untuk Membuat Bumbu Sate Dan Juga Pelengkap Lainnya

Selanjutnya, anda juga bisa untuk menyiapkan bahan bahan yang digunakan untuk bumbu halus. Hal ini bertujuan agar nantinya sate daging sapi yang anda buat bisa menghasilkan rasa yang sangat lezat. Untuk itu, anda pun bisa menyiapkan bawang merah sebanyak 5 butir. Kemudian, persiapkan pula bawang putih sebanyak 3 butir dan juga ketumbar kurang lebih ¾ sendok teh saja. Setelah itu, anda pun bisa menyiapkan ½ sendok teh jintan dan 1 sendok teh garam.

Selain bahan bahan yang digunakan untuk membuat bumbu halus tersebut, maka di dalam resep bumbu sate daging sapi ini anda juga perlu untuk mempersiapkan bahan pelengkap lainnya. Bahan pelengkap ini bisa anda gunakan untuk membakar sate daging anda. Untuk itu, anda pun perlu menyiapkan mentega dan juga kecap manis. Sebagai pelengkap ketika disajikan, maka anda pun bisa menyiapkan acar timun dan juga potongan cabe rawit serta bawang merah.

Baca juga : Resep Sate Klatak, Kuliner Khas Jogjakarta Yang Selalu Dicari

Cara Mengolah Daging Sapi Sebelum Dimasak Dan Dibumbui

Setelah bahan bahan telah dipersiapkan sebelumnya, maka anda pun bisa mulai untuk membuatnya. Pertama, anda pun perlu untuk mengolah daging sapinya terlebih dahulu. Untuk itu, anda bisa melakukan langkah yang mudah dengan memotong motong daging sapi yang tadinya sudah anda persiapkan. Anda pun bisa memotongnya sesuai dengan selera anda, atau seperti bentuk potongan khas dari sate yakni bentuk dadu.

Sebaiknya anda tidak memotong daging dengan ukuran yang terlalu besar. Hal ini dikarenakan nantinya ketika anda memotong daging dengan ukuran yang terlalu besar maka akan membuat daging yang dibakar ataupun dimasak akan menjadi sulit matang secara merata. Untuk itu, anda pun bisa memotongnya dengan pas dan tidak terlalu kecil pula.

Selanjutnya, daging sapi yang telah anda potong potong tersebut bisa untuk anda tempatkan ke dalam sebuah wadah dan sisihkan untuk sementara. Usahakan untuk tidak mencuci daging dengan menggunakan air. Hal satu ini bertujuan agar nantinya daging yang anda bakar akan menjadi lebih empuk. Selain itu, dengan tidak ada kandungan air yang ada pada daging akan menjaga rasa gurih yang ada di dalam daging.

Resep bumbu sate daging sapi berikutnya adalah dengan membungkus daging sapi dengan menggunakan daun pepaya yang telah diremas remas. Anda pun bisa membungkusnya selama kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan agar nantinya ketika daging sapi tersebut dibakar akan menjadi lebih empuk dan lezat. Kemudian anda pun bisa menyisihkan daging di dalam wadah dan biarkan selama sementara, sehingga anda pun bisa beralih untuk menyiapkan bumbu.

Baca juga : Resep Masakan Iga Bakar Spesial Super Lezat Panen Pujian

Cara Membuat Bumbu Dari Sate Daging Sapi Yang Manis

Hal pertama yang perlu untuk anda lakukan adalah dengan menghaluskan bumbu yang tadi telah anda persiapkan. Anda bisa menggunakan ulekan secara manual ataupun dengan menggunakan mesin penghalus sehingga nantinya lebih halus dan lebih memudahkan anda. Kemudian, ketika anda telah selesai menghaluskan bumbu maka anda pun perlu mencampurkan kecap manis dan juga minyak goreng ke dalam bumbu yang telah anda haluskan tersebut.

Aduklah bumbu secara terus menerus hingga bumbu menjadi tercampur rata. Anda pun bisa beralih menuju daging yang telah anda diamkan selama kurang lebih 30 menit tersebut. kemudian, ambilah daging yang telah didiamkan dan lumuri daging dengan menggunakan bumbu halus ini. Anda pun perlu memastikan bahwa semua bagian daging telah terlumuri oleh bumbu halus dengan baik dan merata.

Sebelum anda mulai membakarnya, maka anda pun perlu untuk mendiamkan terlebih dahulu daging tersebut. Hal ini bertujuan agar nanti bumbu yang telah dihaluskan dapat meresap ke dalam daging secara keseluruhan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, barulah anda bisa mengambil tusukan sate dan menusukkan daging tersebut dengan menggunakan tusukan sate yang sudah anda persiapkan.

Baca juga : Resep Udang Saus Padang Paling Enak ala Masakan Resto Seafood

Hal Yang Perlu Anda Lakukan Ketika Membakar Sate Daging Sapi

Untuk mulai membakar sate berdasarkan resep bumbu sate daging sapi, maka setelah daging anda tusukkan ke tusuk sate, anda pun bisa membakarnya. Bakarlah sate tersebut di atas api hingga nantinya matang secara merata. Ketika anda sedang membakar, anda juga bisa untuk memberikan olesan mentega dan juga kecap manis. Hal ini bertujuan agar nantinya bisa membuat rasa sate menjadi lebih mantap dan pastinya lezat.

Anda pun juga perlu untuk membolak balik sate yang dibakat tersebut agar lebih matang secara merata. Ketika anda membakar sate dengan menggunakan arang, maka anda pun bisa mengipas ngipasnya agar nantinya bara api yang anda buat dapat terus menyala dan akan membuat sate menjadi lebih matang. Namun apabila anda menggunakan panggangan yang diletakkan di atas kompor, maka anda pun bisa memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk membaliknya.

Setelah sate matang, maka anda bisa menghidangkan sate bakar tersebut di atas piring saji dan menyajikannya bersama acar timun yang tadinya telah dipersiapkan. Resep bumbu sate daging sapi ini pun akan bisa untuk anda praktekkan di rumah karena memiliki proses yang mudah dan bahan bahan yang diperlukan pun juga sangat gampang untuk di dapatkan karena tersedia di pasar maupun swalayan terdekat.

Untuk kombinasi yang lebih sempurna, anda pun juga bisa menghidangkannya dengan nasi hangat. Tentu saja hal ini pun akan menambah selera makan anda bersama keluarga. Resep satu ini bisa menjadi pilihan bagi anda untuk menyediakan makan malam nikmat bersama keluarga di rumah tanpa perlu untuk keluar. Sehingga momen kebersamaan bersama keluarga pun akan lebih terasa.

%d blogger menyukai ini: