Resep Daun Singkong Santan Sederhana Dan Enak

Singkong merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Jumlahnya yang melimpah, membuat singkong ini banyak dijadikan untuk bahan makanan.Walaupun sederhana, olahan dari daun singkong memiliki rasa yang tidak kalah lezat dengan masakan lainnya. Salah satu kuliner yang menggunakan daun singkong adalah dengan kuah santan. Berikut resep daun singkong santan yang bisa anda coba dirumah.

Cara memasak Singkong Santan Beserta Kandungan Nutrisinya

resep daun singkong santan
resep daun singkong santan

1. Bahan dan Bumbu yang Dibutuhkan

Hal utama yang harus anda persiapkan adalah daun singkong sebanyak 2 ikat. Untuk bahan lainnya, anda memerlukan 6 gelas belimbing santan kelapa, 50 gram ebi atau udang, 5 buah cabai merah besar, 1 ruas kunyit, 1 biji kemiri yang disangrai terlebih dahulu, 2 sendok teh ketumbar bubuk, 1 sendok teh lada bubuk, 7 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 3 sendok teh garam, 2 sendok teh gula pasir, penyedap rasa jika diperlukan, minyak goreng secukupnya.

2. Langkah Membuat Sajian dari Daun Singkong

Langkah pertama untuk membuat sajian ini adalah membersihkan terlebih dahulu daun singkong, kemudian potong kasar dan rebus sebentar hingga daun layu, lalu sisihkan di wadah yang berbeda. Haluskan beberapa bumbu seperti kunyit, cabai merah, lada, bawang putih, dan bawang merah. Anda dapat menghaluskan bumbu pada resep daun singkong santan ini menggunakan cobek atau blender. Kemudian persiapkan wajan bersama dengan minyak goreng.

Panaskan minyak goreng pada wajan, kemudian masak bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu tersebut hingga anda mencium aroma wangi masakan. Setelah mulai tercium wangi khas bumbu, masukkan ebi ke dalam wajan masakan dan aduk hingga merata. Ambil 6 gelas santan dan tuangkan secara perlahan ke dalam wajan. Jangan lupa untuk diaduk agar santan tidak pecah. Anda cukup memasaknya dengan api sedang hingga mendidih.

Langkah selanjutnya pada resep daun singkong santan adalah memasukkan perasa makanan seperti gula, garam, serta penyedap rasa sesuai dengan selera anda. Bumbu ini mampu memberikan perasa tambahan agar masakan semakin sedap dan gurih saat disantap. Setelah matang, segera matikan api dan sajikan makanan dalam mangkuk saji. Anda juga dapat memberikan hiasan pada atas makanan agar terlihat lebih menggugah selera.

3. Kandungan Nutrisi pada Daun Singkong

Menurut data Kemenkes RI, daun singkong segar mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh manusia, mulai dari protein, kaya serat, lemak, vitamin dan mineral. Setiap 100 gram daun singkong, mengandung protein sebesar 6,2 gram. Kandungan protein pada daun singkong lebih banyak daripada bagian akarnya. Daun ketela mengandung berbagai jenis asam amino seperti lisin, leusin, valin, isoleusin, dan arginin yang jarang ditemukan pada tumbuhan lain.

Di beberapa daerah di Indonesia, daun singkong dijadikan sebagai makanan pokok. beberapa bagian dari tanaman singkong dapat dimanfaatkan sebagai makanan, seperti daun dan umbinya. Daun singkong atau yang lebih dikenal dengan daun ketela ini memiliki bentuk daun menjari, dan memiliki tekstur yang lebih berserat. Daun singkong memiliki sedikit rasa pahit sehingga anda perlu mengikuti resep daun singkong santan agar daun singkong dimasak dengan cara benar.

Pohon singkong dapat anda temui di berbagai daerah di Indonesia, dimana bagian akar dan daun pohon ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Kandungan serat pada daun singkong mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga mengkonsumsi daun singkong secara teratur mampu mencegah sembelit. Daun singkong juga dilengkapi dengan vitamin lainnya, seperti vitamin B, vitamin C, dan sebagainya yang baik bagi tubuh.

Baca juga resep masakan terbaik kami lainnya yaitu:

%d blogger menyukai ini: