Olahan Kerang Asam Manis, Cocok Dinikmati Saat Santap Keluarga

Kerang dara dan kerang hijau merupakan jenis bahan olahan kerang asam manis yang sering dikonsumsi. Keduanya mengandung nutrisi seimbang, dan sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak. Omega 3 yang terkandung dalam kerang dapat menstimulasi kecerdasan otak, terutama saat masa pertumbuhan. Kerang kerap kali diolah menggunakan beragam macam bumbu, yang paling populer kerang asam manis dan kerang bumbu saus padang.

Resep Kerang Lezat Ala Masakan Rumahan

1. Kerang Hijau Asam Manis

Penelitian menjelaskan didalam 3 ons kerang hijau, terdapat kandungan 145 kalori dan 4 gram lemak. Namun untuk olahan kerang satu ini dibutuhkan 1 kilo kerang hijau, yang direbus sampai kondisi terbuka. Sediakan juga 5 siung bawang putih, 1 bawang bombay dan 2 buah cabai teropong yang diiris halus. Kemudian siapkan bumbu palawija secukupnya, untuk menambah sedap rasa.

Kerang Hijau Asam Manis

Haluskan bawang putih bersama ragam bumbu palawija hingga halus. Lalu tumis bersama bawang bombay, cabai, laos dan daun jeruk serta salam sampai berbau harum. Masukkan air lalu bumbui dengan garam, gula dan larutan pala. Untuk menambah rasa masakan campur kaldu bubuk, tomat halus dan kecap. Aduk merata dan biarkan mendidih cicip rasa masakan, jika kurang asam bisa ditambahi jeruk nipis. Terakhir masukkan kerang dan biarkan hingga meresap.

2.  Kerang Kupas Asam Manis

Didalam kerang mengandung 11 gram protein, berfungsi untuk menstimulasi gizi harian. Maka dari itu olahan masakan kerang asam manis bisa jadi rekomendasi santapan. Siapkan bahan dasar 1 kilo kerang kupas, 2 lonjor pete, dan satu ikat kemangi. Iris semua bumbu seperti 10 cabe rawit, 5 siung bawang merah dan putih, 1 buah bombay dan tomat. Untuk bumbu tambahan bisa gunakan 5 sendok makan saos tomat dan saos sambel.

Kerang Kupas Pete Asam Manis

Pertama panaskan minyak goreng terlebih dulu, lalu tumis bumbu yang sudah diiris sampai halus dan tunggu sampai warna kecoklatan. Tuangkan 1 gelas air sembari memberi saos sambel dan saos tomat. Apabila bumbu campuran agak mengental tambahkan gula garam dan cicip rasanya. Jika dirasa sudah pas masukkan kerang dan pete bersamaan, aduk-aduk dan tunggu sampai meresap.

3. Kerang Tumis Saus Cabe Asam Manis

Para ahli kesehatan menjabarkan semangkuk masakan kerang mampu memenuhi 18% asupan vitamin A. Bisa dibayangkan berapa vitamin yang didapat, jika mengonsumsi jenis masakan ini. Anda perlu menyediakan kerang, jeruk, trio bawang, cabe merah dan bumbu penyedap. Supaya masakan tetap bersih cuci dulu kerang, gunakan air lemon untuk menghilangkan bau amis.

Kerang Tumis Saus Cabe

Sediakan air panas yang mendidih lalu masukkan kerang, tunggu sampai mengelupas dari cangkangnya. Sembari menunggu didihan kerang haluskan semua bahan yang disiapkan, serta tambahkan irisan bawang bombay dan cabe. Panaskan minyak goreng lalu masukkan semua bahan tambah sedikit air. Didihkan selama 10-15 menit lalu masukkan kerang dan beri sedikit penyedap rasa, sajian kerang asam manis siap dihidangkan.

4. Kerang Tahu Asam Manis

Kandungan zat besi pada kerang mampu mengatasi anemia, sebab bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah. Oleh sebab itu olahan kerang ini baik jika dikonsumsi secara berkala. Tinggal menyiapkan ¼ kerang tahu, trio bawang, 3 cabe merah dan cabe keriting, daun jeruk serta jeruk nipis. Untuk rasa masakan sediakan 2 sendok makan saus tomat dan saus cabe, 1 ½  sendok makan saus tiram, dan gula serta garam secukupnya.

Kerang Tahu Asam Manis

Rebus kerang tahu hingga sedikit mengelupas, lalu kucurkan perasan jeruk nipis agar tidak amis. Tumis bawang merah dan bombay sembari memasukkan bumbu halus, serta daun jeruk. Berikan sedikit air lalu tambahkan saus tomat, saus cabe dan saus tiram. Sebagai pelengkap rasa bubuhkan gula dan garam, sambil sesekali di tes rasa kuahnya. Diamkan masakan selama beberapa menit supaya bumbu meresap, dan masakan siap dihidangkan.

5. Kerang Ndeso Bumbu Asam Manis

Kerang ndeso merupakan olahan kerang asam manis ala rumahan. Siapkan saja 500 gram kerang lurik, yang dicuci bersih dengan air mengalir lalu direbus. Sediakan ¼ nanas madu, 3 siung bawang putih dan merah, dan ½ sendok teh merica bubuk. Khusus bumbu tumisa memerlukan ¼ siung bawang bombay, 5 buah cabai rawit hijau dan dua ruas kunyit. Sebagai bumbu pelengkap bisa menggunakan saos tomat secukupnya.

Merebus kerang dilakukan dua kali yang pertama buang airnya, tapi rebusan kedua sekaligus masukkan 2 ruas kunyit, 3 helai daun kunyit dan 1 ruas jahe. Tunggu sekitar 15 menit hingga kerang sedikit terbuka. Siapkan wajan dengan minyak goreng untuk menumis bumbu, sampai tercium bau harum. Masukkan kerang yang ditiriskan lalu aduk rata hingga bumbu meresap. Terkahir masukkan nanas yang dipotong-potong, sajian kerang asam manis siap disantap bersama keluarga.

6. Kerang Tiram Asam Manis

Jenis tiram mengandung vitamin B12 yang tinggi, dan berperan dalam membantu fungsi kerja otak. Namun perlu diperhatikan bahwa kerang tiram sangat amis, karena itu perlu direndam dalam perasan lemon dan garam. Untuk menambah kelezatan masakan bisa diberi rempah tambahan, serta kecap manis dan bumbu penyedap. Sedangkan untuk bumbu yang dibutuhkan seperti resep masakan kerang lainnya.

Jika kerang sudah didiamkan dalam 5 menit, beri air panas secukupnya lalu tiriskan. Tumis bumbu iris yang dihaluskan seperti duo bawang, cabe merah dan cabe rawit sesuai selera. Masukkan kerang yang sudah ditiriskan ke dalam tumisan, tambahkan daun jeruk serta salam, jahe dan serai. Aduk campuran tersebut sampai air kerang menyusut, tambahkan sedikit air lalu beri penyedap rasa. Terakhir tambahkan lada, kecap, saus tomat dan saus pedas. Masak sampai matang dan kerang asam manis siap disajikan.

7. Kerang dan Bakso Pedas Asam Manis

Sesekali kombinasi dengan lauk lainnya, jadi tidak melulu kerang saja. Contohnya menambahkan bakso dalam olahan kerang, dan beri sedikit irisan jagung kecil agar lebih menarik. Cucilah kerang sampai bau anyir hilang, dan juga cuci bersih bakso dengan air mengalir. Iris dadu kecil wortel, daun bawang dan cabai. Siapkan wajan panas dengan minyak goreng lalu tumis bumbu halus hingga harum.

Masukkan kerang dan bakso lalu oseng selama 3 menit, campurkan semua bahan yang disiapkan. Tambahkan saos sambal, garam, gula dan penyedap rasa sesuai seleras. Tuangkan air dan kaldu jamur secukupnya, oseng dengan potongan wortel dan jagung. Diamkan selama 6 menit hingga mendidih, sembari menunggu hingga bumbu meresap. Terakhir sajikan untuk menu makan siang.

Demikian informasi mengenai banyak olahan kerang, tentunya semua bisa dikonsumsi dan mengandung nilai gizi. Namun perlu diketahui mengonsumsi kerang tidak boleh setiap hari, beri jeda waktu untuk setiap makan. Kerang juga bisa menjadi racun dalam tubuh apabila terus menerus dikonsumsi. Oleh sebab itu terkadang beberapa orang menderita alergi kerang. Hal ini terjadi karena sistem imunitas tubuh lemah dan rentan terserang penyakit.

Baca juga resep seafood terlezat lainnya seperti: