Resep Masakan Jepang yang Paling Pas Di Lidah Orang Indonesia

Resep masakan Jepang saat ini sudah sangat populer. Variasi nya pun sudah sangat beragam sehingga sudah pas dengan lidah orang Indonesia. Beberapa waktu yang lalu saat di Jakarta ada festifal kebudayaan Jepang tidak mau ketinggalan kami admin masakanmama.com turut datang ke acara tersebut. Tujuannya selain bisa menambah wawasan tentang kebudayaan Jepang kami juga berburu kuliner Jepang. Sayang nya hanya beberapa masakan Jepang yang kami cicipi disana, salah satunya Takoyaki Yang merupakan jajanan khas Jepang. Pada posting kali ini kami menyajikan 5 resep masakan Jepang yang paling populer di Indonesia.

Resep Masakan Jepang Paling Terkenal di Negara Indonesia

Resep masakan Jepang Takoyaki

resep masakan jepang takoyaki

Untuk isian:

  • Baby octopus/ bayi gurita 200 gram, direbus lalu dicincang
  • Tenkasu / rice crispy secukupnya

Yang harus disiapkan :

  • Air 450 ml
  • Konbu 10 cm sejenis ganggang laut, potong selebar 2 cm
  • Katsuo-bushi 15 gram
  • Tepung terigu protein rendah 200 gram
  • Putih telur 4 butir
  • Kuning telur 2 butir
  • Margarin 2 sendok makan

Saus pelangkap :

  • Bulldog saus 50 ml
  • Saus inggris 25 ml
  • Mayones 50 gram
  • Benishoga/acar jahe secukupnya

Langkah-langkah membuat takoyaki :

Untuk membuat adonan dasar takoyaki:

  1. Masukkan konbu dalam panci, masak pada api kecil.
  2. Angkat beberapa saat sebelum air mendidih.
  3. Campur katsuo-bushi dalam air rebusan konbu sambil diaduk selama 2 menit.
  4. Saring dan dinginkan
  5. Campur terigu, telur dan garam. Tuang air kaldu aduk hingga rata. Sisihkan.

Cara membuat takoyaki :

  1. Tuang adonan takoyaki pada cetakan yang sudah diolesi dengan margarin hingga penuh.
  2. Taburi bagian atasnya dengan rice crispy dan masukkan baby octopus (bayi gurita).
  3. Masak diatas api kecil.
  4. Bila sudah setengah matang balik adonan dengan bantuan tusuk sate/tusuk besi.
  5. Masak hingga berwarna kecokelatan.
  6. Angkat dan sajikan bersama saus pendamping dan berishoga.

dengan takaran 15 buah takoyaki


==================

Resep masakan Jepang Mochi

Mochi yang sering saya makan adalah mochi dari Sukabumi. Namun setelah saya lihat serial kartun Doraemon ternyata Mochi justru berasal dari Jepang. Mm jadi penasaran kan kalo mochi dari Jepang rasanya gimana. Ternyata ngga beda jauh kok sama mochi dari Sukabumi. Nih resep nya.

resep mochi khas Jepang

Yang harus disiapkan :

  • 100 gram mochiko/tepung mochi atau tepung ketan
  • 180 ml air
  • 50 gram gula
  • kacang merah halus (kira kira 4 sendok makan)
  • potato starch / corn starch secukupnya

Cara membuat mochi Jepang:

  1. Gabung tepung ketan dan air dalam mangkuk tahan panas, aduk rata.
  2. campurkan gula. aduk rata. tutupi mangkuk dengan plastik,
  3. Microwave selama 2 menit (suhu panas). Keluarkan, dan aduk rata pakek
  4. sendok kayu. Microwave lagi selama 30 detik. Aduk rata.
  5. Dinginkan sampai bisa di bentuk.
  6. Tutupi talenan dengan plastik. taburi potato starch/cornstarch di atas
  7. talenan(tangan juga ya).
  8. Tuang adonan di atasnya. Potong 4 (pake pisau plastik). bungkus kacang
  9. merah dengan adonan. taburi potato starch dan cornstarch di seluruh mochi

Resep masakan Jepang chicken cheese takoyaki

Kalo resep takoyaki sebelumnya adalah resep takoyaki Jepang asli. Kalo yang ini merupakan varian nya yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

resep masakan jepang chicken cheese takoyaki

Yang harus disiapkan :

  • Adonan dasar takoyaki 1 resep
  • Fillet dada ayam 200 gram, iris tipis
  • Keju chedar 50 gram, potong 1/2 x1/2x 4 cm
  • Rice crispy 50 gram
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Margarin 1 sendok makan

CARA MEMPRAKTEKAN RESEP CHICKEN CHEESE TAKOYAKI :

  1. Bumbui irisan ayam dengan garam dan merica, sisihkan.
  2. Letakkan potongan keju di atas ayam. Gulung dari salah satu tepinya, rapatkan.
  3. Panggang ayam diatas wajan datar yang sudah diolesi dengan margarin hingga
  4. kecokelatan. Potong bentuk dadu 1 cm
  5. Panaskan cetakan, tuang adonan dasar takoyaki hingga penuh.
  6. Isi dengan rice crispy dan potongan ayam.
  7. Balik adonan setengah matang dengan bantuan tusuk sate hingga membetuk bulat, panggang
  8. hingga berwarna kecokelatan. Angkat. Sajikan bersama saus pendamping.

Dengan takaran 15 buah takoyaki
=======================

Resep Yakiniku Ala Jepang

Yakiniku kali ini enak dan yang penting halal. Karena hati hati jika anda makan yakiniku direstoran Jepang,  harus dipastikan kehalalannya. Karena Yakiniku orang Jepang biasanya menggunakan daging babi. Dari pada khawatir kehalalannya mending bikin sendiri yuk.

cara membuat yakiniku khas Jepang

Yang harus disiapkan :

  • 400 gram daging sapi sukiyaki
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong
  • 1 buah paprika hijau, potong-potong
  • 2 sendok makan mentega/margarin

Saus pencelup :

  • 2 buah bawang putih, parut
  • 1 cm jahe, parut
  • 100 cc kecap kikkoman
  • 50 cc mirin
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh bumbu penyedap

Cara mempraktekan resep yakiniku  :

  1. Saus pencelup: campur semua bahan, aduk sampai merata, sisihkan.
  2. Campur daging sapi dengan sebagian saus pencelup, diamkan selama 15 menit.
  3. Panaskan margarin, lalu masukkan daging sapi tadi, bawang bombay, dan paprika hijau, masak sampai matang sambil sekali-sekali dibalik.
  4. Biasanya yakiniku disajikan bersama-sama dengan saus pencelup.

Ukuran porsi : Sajikan untuk 4 orang
=======================

Resep masakan Jepang Sushi Isi Avokad Salmon

Resep kali ini pun merupakan turunan dari resep sushi aslinya. Yang pasti enyak enyak banget. Silahkan dicoba

resep sushi avocado salmon

Yang harus disiapkan:

  • 2 sdm cuka Jepang
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm mirin 1)
  • ½ sdt garam
  • 2 lembar nori ukuran 30 x 20 cm
  • 300 g nasi panas dari beras jepang (nasi bertekstur pulen)
  • 50 ml mayones, siap pakai
  • 2 buah (500 g) avokad, ambil daging buahnya, iris memanjang tipis
  • 150 g ikan salmon asap
  • 100 g acar wortel siap pakai, potong bentuk korek api ukuran 3 x ½ cm
  • 2 sdm tobiko (telur ikan terbang)

Bahan pelengkap:

  • Acar jahe
  • Kecap asin
  • Wasabi

CARA MEMBUAT RESEP MASAKAN SUSHI :

  1. Campur cuka Jepang, gula pasir, mirin dan garam, aduk rata. Tuang ke dalam nasi hangat, aduk rata.
  2. Letakkan selembar plastik di atas tikar bambu (alat khusus menggulung sushi) di atas meja. Letakkan nasi di atas plastik. Letakkan selembar nori di atasnya.
  3. Semprotkan mayones secara memanjang di atas salah satu sisi nasi. Susun setengah bagian daging buah avokad, salmon asap, dan acar wortel di atasnya. Gulung sambil tekan-tekan hingga padat. Buka gulungan.
  4. Lumuri permukaan atas sushi dengan mayones. Taburi tobiko hingga rata. Susun sisa daging buah avokad di atasnya. Potong-potong.
  5. Sajikan bersama pelengkap. (f)

1) Mirin merupakan Cuka beras yang mengandung 40% – 50% gula. Cita rasanya manis dan berwarna bening. Dikemas dalam botol kaca. Bisa dibeli di supermarket besar.
=====================

Resep masakan Jepang Dorayaki

Dorayaki populer di Dunia termasuk Indonesia terutama karena adanya serial kartun Doraemon. Dalam serial kartun yang mendunia tersebut, doraemon dan nobita sebagai tokoh utama sangat menyukai kue Dorayaki. Ternyata membuat kue dorayaki itu tidak sulit loh. Malah sangat mudah. Yuk kita praktekan.

cara membuat dorayaki

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 125 gr gula pasir
  • 140 gr terigu
  • 1/2 sdt baking powder

Bahan Isi :

  • Bisa menggunakan selai kacang, coklat, keju atau apapun sesuai selera anda


Cara membuat dorayaki:

  1. Kocok telur dan gula 5 menit, tambahkan terigu dan baking powder, kocok dengan spatula
  2. Siapkan wajan teflon, panaskan dengan api kecil
  3. Tuang adonan 1 sendok sayur, biarkan sampai agak kuning kecoklatan
  4. Setelah tidak lengket di wajan teflon, angkat…
  5. Ulangi sampai adonan dorayaki habis

======================

Bagi yang menyukai masakan Jepang tidak ada salahnya datang ke festival kebudayaan Jepang yang sering ada di Indonesia karena disana biasanya akan ada jajanan khas Jepang.

Baca juga resep menarik lainnya yaitu: