Resep Kue Lumpur Surga Kesukaan Keluarga

Hidangan penutup dengan cita rasa manis masih menjadi makanan favorit bagi semua kalangan. Dengan makanan manis dapat membuat anda lebih bahagia dan membuat pikiran semakin rileks. Untuk itu, anda sebaiknya mencoba resep kue lumpur surga yang manis dan legit ini. Kue yang berasal dari Banjarmasin ini memiliki rasa manis yang terdiri dari campuran tepung beras, gula dan santan. Dengan tekstur lembut yang dimilikinya, tentu saja kue ini cocok dinikmati sebagai dessert atau sekedar camilan.

Resep Kue Lumpur Surga
Resep Kue Lumpur Surga

Cara Mudah Membuat Kue Lumpur Khas Banjarmasin 

1. Persiapkan Bahan

Kue lumpur surga khas Banjarmasin ini memiliki dua struktur warna sehingga ada dua jenis bahan yang perlu dipersiapkan. Bahan pertama terdiri dari 250 ml santan kental, 50 ml ekstrak daun pandan dan daun suji, 100 gram gula pasir, 1 sendok makan tepung beras, 2 butir telur ayam dan setengah sendok teh garam. Untuk bahan kedua, anda bisa menyiapkan 250 ml santan kental, 3 sendok makan tepung beras dan seperempat sendok teh garam.

2. Cara Membuat Adonan Bahan Pertama

Pertama anda perlu mencampurkan bahan – bahan yang digunakan untuk tumpukan pertama pada resep kue lumpur surga. Kocoklah telur dan gula pasir hingga larut lalu masukkan santan, ekstrak daun pandan dan daun suji. Lalu masukkan terpung beras perlahan sambil terus diaduk merata agar tercampur semua bahan dan tidak menggumpal dan selanjutnya masukkan garam. Lalu aduklah secara terus-menerus dan campurkan semua bahan secara merata agar larut secara sempurna.

Selanjutnya anda dapat menyaring adonan tersebut agar tidak bergerindil. Dan masukkan adonan pertama ke dalam cetakan yang tahan panas atau bisa juga menggunkaan alumunium foil. Anda bisa memasukkan adonan ke dalam cetakan tersebut hanya sebanyak tiga per empat saja. Hal itu bertujuan agar masih banyak tersisa ruang untuk adonan kedua. Kemudian kukus kue lumpur selama kurang lebih 15-20 menit pada api sedang.

3. Cara Membuat Adonan Kedua

Setelah adonan pertama dari resep kue lumpur surga telah matang, anda bisa mengeluarkan dari kukusan dan mendinginkannya selama beberapa saat. Nah, sembari mengunggu dingin anda bisa melanjutkan resep pada adonan kedua. Campurkan semua bahan di adonan kedua yang terdiri dari santan, tepung beras dan garam. Kocok dan campurkan semua bahan tersebut agar merata. Anda perlu mencampur bahan secara merata, hal tersebut dapat membuat bahan tidak menggumpal yang akan mengurangi tekstur dari kue ini.

Selanjutnya anda dapat menuangkan bahan adonan kedua pada cetakan yang telah terisi adonan pertama dibawahnya. Tuang adonan kedua tersebut, lalu masukkan kembali ke dalam kukusan. Sama seperti pada adonan pertama, anda hanya perlu mengukus sekitar 15-20 menit saja untuk adonan kedua ini. Resep kue lumpur surga ini sebernarnya adalah resep yang mudah untuk dipraktekkan di rumah. Setelah menunggu dan setelah dirasa adonan terlihat sudah matang barulah angkat kukusan kue lumpur tersebut.

Nah, selanjutnya anda sudah bisa menyajikan hidangan penutup kue lumpur surga ini kepada keluarga anda. Jangan lupa untuk menambahkan garnish seperti potongan daun pandan yang telah dibentuk menyerong untuk membuat kue anda terlihat lebih cantik. Makanan manis ini sebenarnya cocok dimakan untuk takjil ketika bulan puasa. Selain itu, cara membuatnya yang mudah dan tidak sampai memakan waktu satu jam, tentunya akan membuat anda ketagihan untuk membuat resep kue satu ini.

Baca juga : Resep Sayur Lodeh Terong Warisan Kuliner Khas Indonesia Asli

%d blogger menyukai ini: