Cara Membuat Tumis Sawi Putih Lezat dengan Kombinasi Lauk Lainnya

Sawi putih (Brassica rapa Kelompok Pekinensis; suku sawi-sawian atau Brassicaceae ) dikenal sebagai sayuran olahan dalam masakan Tionghoa; karena itu disebut juga sawi cina. Sebutan lainnya adalah petsai. Disebut sawi putih karena daunnya yang cenderung kuning pucat dan tangkai daunnya putih. wikipedia

Sawi putih bisa disulap menjadi olahan masakan yang lezat dan sederhana. Kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk perawatan kulit. Banyak orang yang tidak suka mengonsumsi mentahan, jadi sebagai solusi diolah menjadi tumis sawi putih. Terbukti menu rumahan ini dinikmati oleh banyak orang, dan menghasilkan cita rasa yang begitu nikmat. Menu ini biasanya disantap bersama nasi putih hangat di siang hari.

Kombinasikan Tumis dengan Beragam Lauk

1. Sandingkan dengan Tahu Putih

Tumis Sawi Putih Tahu Putih
Tumis Sawi Putih Tahu Putih

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, kita perlu mengontrol asupan makanan 4 sehat 5 sempurna. Dan resep sayuran satu ini dapat diolah dengan mudah di rumah. Cukup andalkan bahan dasar sawi putih, 2 bawang merah, 1 siung bawang putih, 3 buah tahu putih, dan 1 buah cabe merah. Siapkan juga garam, lada, air dan minyak untuk proses penumisan.

Pertama potong sawi dan tahu lalu iris bawang dan cabai merah. Lalu keduanya di tumis dalam penggorengan hingga layu, ciri-cirinya berwarna kecoklatan. Tuangkan air secukupnya jangan sampai terlalu penuh. Setelah mendidih masukkan potongan sawi putih, irisan cabai, dan tahu yang sudah dipotong kotak kecil. Jika sawi putih sudah terlihat agaj layu, beri lada dan garam. Iciplah sebentar rasa masakan sebelum dihidangkan, jika dirasa pas tumis sawi putih dan tahu siap disantap bersama nasi.

Baca juga : Resep Masakan Pindang Iga Sapi, Maknyos Bikin Kangen

2. Mix dengan Bakso

Resep Tumis Sawi Putih Bakso
Resep Tumis Sawi Putih Bakso

Jika anda menyukai tumis sayuran yang masih berbunyi “kres-kres”, cobalah paduan tumis dari sawi putih ini. Sawi putih merupakan bahan makanan yang rendah kalori, namun padat nutrisi. Mengonsumsi sawi putih tidak akan membuat anda gemuk, karena mengenyangkan lebih cepat. Mengandung vitamin dan mineral penting untuk tubuh, bagus sebagai alat untuk memicu proses pencernaan.

Untuk mengonsumsinya anda bisa mengolah untuk tumisan, dan dikombinasikan dengan bakso. Caranya siapkan sawi putih kecil, 1 bungkus bakso mawar, 3 cabe merah keriting, 7 cabe rawit, dan bawang putih serta merah. Cuci dan potong sawi putih sesuai selera, dan potong kecil-kecil bakso mawar. Tumis semua bumbu hingga tercium bau harumnya, baru masukkan sawi putih dan bakso. Jika sawi sudah sedikit layu masukkan gula putih, garam dan penyedap rasa. Tunggu beberapa menit dan masakan siap disantap.

Baca juga : Resep Nasi Goreng – 5 Cara Membuat Nasi Goreng Paling Enak

3. Padukan dengan Oseng Tempe

cara membuat tumis tempe sawi putih
cara membuat tumis tempe sawi putih

Sawi putih bermanfaat untuk kesehatan salah satunya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Didalam sawi mengandung vitamin C yang bermanfaat, untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Jika mengonsumsi sawi putih secara rutin, dapat membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu perlu diimbangi dengan berolahraga rutin, tidak hanya makan-makanan bergizi.

Olahan  tumis sawi putih bisa menjadi pilihan untuk makanan sehari-hari. Tinggal menyiapkan bahan-bahan seperti 1 bonggol sawi putih, tempe sedang, 2 siung bawang merah dan bawang putih, tomat dan kecap. Cuci lalu iris sawi sesuai selera, sekaligus iris pula tempe dan goreng setengah matang. Panaskan minyak lalu tumis semua bumbu yang sudah dicincang. Tambahkan sedikit air lalu masukkan sawi putih, masukkan tempe lalu beri garam dan gula.

Baca juga : Resep Masakan Cumi Asin Paling Lezat Untuk Sehari-hari

4. Lebih Bergizi dengan Tambahan Daging Sapi

cara membuat tumis sawi putih daging sapi
cara membuat tumis sawi putih daging sapi

Tidak hanya menjaga sistem imunitas tubuh, sawi putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena sayuran tersebut mengandung vitamin A, dan beta karoten. Jika dikonsumsi secara rutin akan mencegah terjadinya mata minus, atau kerusakan jaringan pada mata. Seringnya mata tertepa sinar matahari langsung, memerlukan perlindungan yang lebih. Inovasi olahan sawi putih ini bisa menjadi rekomendasi santapan saat siang. 

Siapkan 1 ikat sawi putih, 100 gram daging sapi dan bumbu tumis pada umumnya. Jangan lupa tambahan bumbu seperti tomat, saus tiram, garam dan gula merah. Potong dan rebus daging hingga matang, supaya tidak terlalu lama waktu menumis. Cuci bersih sawi putih lalu potong sesuai selera. Iris tipis bawang bombay, bawang putih dan bawang merah kemudian tumis sampai harum baunya. Lalu masukkan sawi putih tambahkan saos tiram, gula merah dan garam. Icip sebentar dan tumis sawi putih siap dihindangkan.

Baca juga : Resep Sate Klatak, Kuliner Khas Jogjakarta Yang Selalu Dicari

5. Hidangan Cepat dengan Teri Medan

sawi putih teri medan lezat
sawi putih teri medan lezat

Serat yang terkandung dalam sawi putih efektif untuk kesehatan, khususnya menjaga saluran pencernaan. Karena serat sawi putih mampu memproses sari makanan yang larut di tubuh. Meningkatkan pergerakan usus dan membantu untuk mengatasi sembelit dan konstipasi. Jadi tubuh akan merasa terus sehat sebab sisa-sisa makanan tidak mengendap dalam tubuh. Ada hidangan tumisan yang bisa diolah secara simple dan cepat.

Untuk membuat hidangan tersebut siapkan sawi putih, 3 tahu potong dadu, 20 gram teri medan, 3 siung bawang merah dan putih, ½ bawang bombay, 1 lembar daun salam. Pertama goreng tahu setengah matang, cuci teri dan goreng sampai kecokelatan. Iris semua bumbu lalu tumis sampai harum. Masukkan tahu dan sawi sambil ber gula, garam, dan kaldu bubuk serta masukkan saus tiram. Masak sebentar saja sembari sesekali dicicipi, beri taburan teri goreng diatasnya.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Singkong Balado Khas Sumbar Enak Banget

6. Mix dengan Mie Soun

sajian lezat sawi putih soun
sajian lezat sawi putih soun

Kandungan kalium dalam sawi putih dapat membantu, untuk mengontrol tekanan darah. Meskipun begitu sayuran ini tidak bisa digunakan, untuk menurunkan darah tinggi. Penderita hipertensi harus rutin mengonsumsi obat, dan menjalani pola hidup sehat. Jika tidak bisa mengonsumsi sawi putih secara langsung, ada salah satu olahan masakan yang perlu dicoba. Yaitu tumis sawi putih yang dipadukan dengan mie soun, cocok juga untuk dikonsumsi anak-anak.

Pertama siapkan bahan-bahannya terdiri dari, 1 buah sawi putih yang diiris sedang, ½ tahu putih, dan 1 bungkus soun lalu rendam terlebih dulu. Untuk bumbu-bumbunya siapkan 8 siung bawang putih yang dicincang, 4 siung bawang merah diiris tipis, dan 5 cabe keriting potong serong. Goreng dulu tahu yang sudah dipotong dadu, sambil panaskan wajan untuk menumis bumbu. Usahakan sampai baunya harum, aduk terus lalu masukkan sawi, tahu dan soun. Setelah semua tercampur masukkan bumbu tambahan, dan siap dihidangkan.

Baca juga : Resep Berbuka Puasa : Pisang Nanas Keju, Yummy Banget

7. Kombinasi Sehat dengan Jagung dan Wortel

tumis sawi putih sehat dengan sayuran
tumis sawi putih sehat dengan sayuran

Ingin bikin makanan super cepat tapi sehat? Coba kombinasi tumis sawi putih dengan jagung dan wortel. Potong sawi outih secukupnya, jangan lupa parut wortel kecil-kecil, dan 1 buah jagung yang sudah dipipil. Untuk bumbunya perlu 1 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, dan vetsin serta kaldu bubuk secukupnya. Setelah bahan siap tumis bawang yang sudah diiris, masukkan jagung dan wortel lalu beri air sedikit. Masukkan bumbu tambahan dan sawi bergantian.

Demikian informasi terkait olahan sawi putih, sederhana dan juga lezat. Manfaat sawi putih bisa anda dapatkan secara langsung, baik mengonsumsi secara langsung atau mengolahnya dengan bahan makanan lain. Kombinasikan dengan lauk lainnya sesuai selera, agar rasa sawi putih tidak terlalu pekat. Anda bisa mengkreasikan berbagai resep lain, menyesuaikan dengan kesukaan anggota keluarga.

Baca juga : Beberapa Resep Masakan ikan Kembung, Paling Jawara