Resep Rawon Daging Sapi Paling Sedap di Pulau Jawa

5 / 5 ( 1 vote )

Masakan yang memiliki ciri khas dengan kuah berwarna hitam ini memang sangat populer di Pulau Jawa. Warna hitam dari kuah rawon ini terbuat dari kluwak yang dimasak dengan campuran bumbu khas sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang menggugah selera. Kebanyakan orang akan lebih suka untuk membuat makanan ini sendiri di rumah. Tak heran, karena resep rawon daging sapi termasuk resep yang mudah dimasak. Berikut akan dibahas cara mengolah hidangan khas Jawa Timur ini.

Resep Rawon Daging Sapi

Yuk Simak Cara Membuat Rawon Daging Sapi

1. Bahan yang Dibutuhkan

Pertama, anda akan membutuhkan daging sapi. Siapkan 500 gram daging sapi sandung lamur, 1 lutut sapi yang sudah dibelah dan 3 liter air. Untuk menambah rasanya, anda juga bisa menyiapkan 3 lembar daun jeruk, 1 ibu jari lengkuas yang telah dimemarkan, 1 buah batang serai yang telah dimemarkan, 5 sendok minyak untuk menumis, 3 bungkus kaldu sapi bubuk dan 2 tangkai daun bawang yang dipotong dengan ukuran kurang lebih 1 cm.

2. Bahan Untuk Bumbu Halus

Untuk membuat resep rawon daging sapi, anda akan membutuhkan 2 buah kluwak untuk membuat warna kuah menjadi hitam. Setelah itu, siapkan juga 7 butir bawnag merah, 3 butir bawang putih, 2 cm kunyit, dan 2 cm jahe. Anda juga memerlukan 1 sendok teh ketumbar yang telah disangrai, setengah sendok teh lada, 2 sendok teh garam dan 2 sendok teh gula. Semua bumbu ini nantinya akan dicampurkan dan dihaluskan.

3.  Tips Menghilangkan Lemak Sapi

Dalam memasak rawon, tentunya akan lebih nikmat jika anda menghilangkan lemak sapinya terlebih dahulu. Jika anda menderita kolesterol, sebaiknya menghilangkan lemak daging sapi adalah hal yang harus dilakukan. Caranya adalah dengan mengeluarkan daging sapi pada freezer, kemudian potong dengan lebar 10 cm dan ketebalan sekitar 1 cm. Selanjutnya anda bisa memanaskan api dalam penggorengan selama 5 menit dengan api sedang dan tanpa minyak.

Lalu, anda bisa memasak daging sapi selama 10-12 menit hingga benar-benar matang dan tidak berwarna merah lagi. Setelah matang, letakkan daging sapi pada atas piring yang telah dilapisi bebereapa lembar tisu. Kemudian balik setiap 30 detik untuk tiap sisi selama 1 menit. Dengan begini, lemak akan terserap oleh tisu dan daging jadi lebih aman dikonsumsi untuk membuat resep rawon daging sapi karena telah bebas lemak.

4. Cara Memasak Rawon Daging Sapi

Pertama anda bisa merebus daging sapi dan dan dengkul sapi hingga setengah lunak, kemudian potong daging sapi tersebut sesuai dengan selera anda dan sisihkan. Lalu, anda bisa memasukkan kaldu sapi pada bekas air rebusan daging tersebut. Siapkan wajan untuk menumis bumbu yang tadi telah dihaluskan, anda juga perlu menambahkan lengkuas, daun jeruk, dan serai. Aduklah secara merata hingaa tercium aroma yang harum.

Selanjutnya anda dapat memasukkan resep rawon daging sapi selanjutnya yaitu daging yang tadi telah dipotong ke dalam tumisan bumbu, masaklah hingga bumbu meresap. Setelah dirasa meresap, anda bisa memasukkan tumisan daging tersebut ke dalam kuah kaldu. Masaklah dengan api kecil hingga daging dirasa telah empuk. Dan sajikan rawon daging sapi ini dalam keadaan hangat.

Rawon ini merupakan salah satu masakan Indonesia yang dimasak dengan menggunakan berbagai jenis rempah sehingga rasanya menjadi sangat khas dan memiliki aroma yang sangat kuat. Selain itu, untuk pelengkap anda bisa menambahkan telur asin sebagai lauk serta taoge kecil kering dan bawang goreng sebagai topingnya. Tak lupa, tambahkan sambal bagi anda yang suka pedas untuk menambah selera makan anda.

Baca juga resep masakan terbaik kami lainnya yaitu