Resep Bento Box Jadi Enak dengan Tips Trik Ini, Cek Dulu!

Untuk bunda yang mengalami masalah anak sulit makan, tentu bunda harus ekstra kreatif dalam menyiapkan makanan untuk anak. Salah satu kreativitas yang bunda bisa coba lakukan adalah dengan berkreasi membuat resep bento box untuk anak.

Ada banyak kreasi bento box yang bunda bisa coba di rumah. Akan tetapi yang bunda harus ingat, pastikan Anda memahami juga tips memasak bento box seperti apa agar olahan bento box bunda enak, disukai anak dan pastinya anti gagal.

Informasi selengkapnya tentang tips trik agar resep bento box jadi enak dan disukai anak akan kami ulas dalam informasi berikut ini. Lets check these out bunda!

Resep Bento Box Jadi Enak Ini Tips Triknya

Perhatikan kualitas nasi

Jika Anda membuat resep bento box dengan menggunakan nasi sebagai penunjang asupan utama dari bento box Anda, maka nasi juga menjadi hal pertama yang Anda harus perhatikan. Pastikan Anda mengupayakan agar kualitas nasinya benar – benar terjaga.

Berikan bumbu sedikit lebih banyak

Bento artinya bekal. Karena merupakan bekal yang artinya akan dimakan beberapa jam kemudian ketika dingin maka cita rasanya harus lebih kuat. Anda harus berikan bumbu sedikit lebih banyak baik pada nasi atau lauknya.

Hal ini penting karena ketika makanan dingin, kualitas rasanya cenderung menurun. Karena itu memberikan bumbu lebih banyak ketika membuat bento akan menghadirkan rasa gurih dan lezat pada sajiannya.

Pastikan memilih bumbu aromatic

Selain Anda harus memperhatikan bumbu utama untuk berkreasi membuat lauk bento, Anda juga perlu memberikan bumbu aromatik pada sajian masakan bento. Dengan tambahan bumbu aromatic tersebut bisa dipastikan aroma bento akan jauh lebih menggugah selera.

Beberapa bumbu aromatic tambahan yang Anda bisa tambahkan pada sajian bento Anda diantaranya seperti bawang putih, bawang merah, bubuk kari, wijen atau pun mustard. Berikan secukupnya pada bento Anda.

Gunakan minyak sayur

Minyak sayur seperti halnya minyak zaitun atau minyak wijen sangat pas sebagai resep bento box untuk mengolah masakan bento Anda. Karena itu pastikan untuk Anda menghindari menggunakan minyak hewani seperti halnya mentega untuk membuat bento.

Lebih baik Anda gunakan golongan minyak untuk memasak bento karena mentega akan mengeras ketika sudah dingin dan bento Anda juga akan menjadi keras. Namun walau begitu, menambahkan sedikit mentega pada olahan bento tak masalah asal jangan kebanyakan dan kalau bisa Anda padukan dengan minyak sayur seperti minyak zaitun atau minyak wijen.

Jika ada kelebihan minyak, segera bersihkan

Selain cairan, hal penting yang juga mesti diperhatikan untuk berkreasi dengan bento adalah meniriskan kelebihan minyak. Jika ada lauk bento yang diolah dengan cara digoreng, pastikan Anda tiriskan dulu untuk memisahkan minyaknya. Anda juga bisa meletakkan masakan yang sudah matang terlebih dahulu pada tisu dapur sebelum Anda mengemasnya di wadah bento.

Keringkan air atau cairan makanan

Jika lauk bento yang dibawa mengeluarkan suatu cairan, segera Anda harus keringkan cairan tersebut. Cairan itu dapat menurunkan kualitas makanan dengan sangat cepat. Hal tersebut berakibat menjadikan bento bau atau menjadi basi.

Hal ini pun berlaku ketika Anda membawa salad. Pastikan Anda tiriskan dulu semua sayur dan lap dengan tisu dapur untuk menyingkirkan sisa – sisa airnya.

Biarkan makanan dingin dulu sebelum Anda bungkus dalam kemasan bento

Hal yang juga penting untuk Anda lakukan adalah membiarkan nasi dan semua lauk bento sudah dingin ketika dikemas. Pastikan untuk Anda menghindari membungkusnya ketika panas karena dapat mengakibatkan uapnya tertinggal dan bisa membuat makanan menjadi bau atau basi.

Buat bento dengan aneka variasi warna

Agar bento semakin disukai dan semakin menambah nilai keunikannya, pastikan bento yang dibuat memiliki aneka variasi warna. Anda bisa berkreasi dengan warna putih melalui nasi atau roti. Warna hijau dari rumput laut dan kacang polong, warna cokelat dari wijen atau daging.

Warna kuning bisa Anda buat dari telur, jagung atau paprika. Jika butuh warna merah atau orange dari tomat, wortel atau salmon. Bento Anda akan sangat menarik dengan variasi warna yang Anda hadirkan dan pastinya sehat secara optimal.

Jika bunda ingin berkreasi dengan bento box dari nasi, bunda juga bisa mencoba membuat bento box dari roti. Mengenai resep bento box roti yang bunda bisa coba, baca : Baca : Resep Bento Box Kreasi Flower Bento, Anak Pasti Suka!

Susun bento secara urut

Agar susunan bento pas, ada urutan dalam penyusunan bento yang Anda harus tahu. Urutan pertama adalah nasi, urutan kedua adalah makanan yang bentuknya tak bisa diubah, urutan ketiga adalah berbagai potongan fleksibel dari lauk. Kemudian isi kekosongan ruang pada wadah bento dengan beberapa bahan semisal menggunakan baby tomato. Yummy dan pasti sangat menarik!

Pahami tips trik mencegah makanan bento basi

Ketika musim panas tiba, orang – orang Jepang memiliki berbagai macam tips dan trik agar bentonya tidak mudah basi. Nah, Anda bisa mencobanya.

Salah satu cara untuk mencegah makanan bento basi yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan umeboshi atau acar plum ke dalam bento. Kemudian trik lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengelap wadah bento dengan cuka sebelum kemudian Anda letakkan berbagai isian didalamnya. Atau Anda juga dapat meletakkan bento dengan ice pack untuk menjaganya agar tetap dingin selama beberapa saat.

Itulah beberapa tips trik agar resep bento box yang Anda kreasikan jadi lebih enak. Selamat mencoba di rumah dan semoga keluarga khususnya anak jadi suka ya!