Resep Sambal Dabu-Dabu Asli Khas Manado Paling Enak Bikin Ketagihan

Merupakan kuliner khas dari Manado, sambal dabu-dabu masuk sebagai salah satu kreasi menu sambal yang populer di Indonesia. Manado sendiri dikenal memiliki aneka menu kuliner dengan sambal yang memiliki rasa pedas dan segar. Ciri khas dari sambal ini terdapat pada irisan cabai rawit, tomat, dan bawang merah. Selain itu, sambal ini juga semakin kaya rasa dengan ditambahkan jeruk nipis. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan berikut.

Bahan dan Cara Pembuatan Sambal Khas Manado

Pada dasarnya, bahan-bahan yang digunakan sama seperti bahan membuat sambal lainnya. Hanya bedanya, pada sambal ini cara pembuatannya tidak dihaluskan. Namun semua bahan diiris atau dicacah halus. Jadi ketika anda menikmatinya, rasa segar dan renyah dari tekstur bahan-bahan tersebut akan terasa sangat kuat. Anda bisa membuatnya dengan lebih spesial dan sesuai selera, bagaimana caranya? Yuk simak disini

Resep Sambal Dabu-Dabu Asli Khas Manado
Resep Sambal Dabu-Dabu Asli Khas Manado

1. Bahan-Bahan yang dibutuhkan

Dalam membuat sambal dabu-dabu, yang pertama siapkan cabai merah segar ukuran besar satu buah, cuci dan bersihkan serta buang bijinya. Kemudian potong dan iris halus kecil – kecil. Dibandingkan cabai rawit  cabai merah memang tidak begitu pedas. Akan tetapi anda bisa menambahkan cabai merah tersebut. Kemudian pilih cabai rawit warna hijau sebanyak lima buah. Lalu cuci dan bersihkan, kemudian potong dan iris halus, kecil-kecil. Untuk jumlah cabai rawit bisa anda tambahkan jika ingin rasa yang lebih pedas.

Kemudian siapkan bawang merah lima siung, kupas dan bersihkan. Kemudian potong dan iris tipis-tipis. Lalu ambil tomat merah segar satu buah berukuran sedang, cuci dan bersihkan kemudian buang bijinya lalu potong tomat kecil-kecil. Ambil daun kemangi sebanyak 8 lembar, kemudian cuci dan bersihkan lalu iris tipis-tipis. Kemudian siapkan satu sendok air perasan jeruk nipis, garam, gula, dan minyak goreng secukupnya.

2. Cara Membuat Sambal Khas Manado

Pertama siapkan wadah lalu campur semua potongan bahan mulai dari cabai rawit, cabai merah, bawang merah, tomat, dan daun kemangi. Kemudian beri garam, gula, serta perasan air jeruk nipis, lalu aduk hingga merata. Panaskan minyak goreng, kemudian tuangkan pada campuran bahan, setelah itu aduk dan campur kembali sambal dabu-dabu agar semua bahan tercampur dengan merata.

Tuangkan sambal yang sudah jadi tersebut kedalam piring atau mangkuk saji. Sambal sudah siap disajikan untuk melengkapi berbagai hidangan. Bahan yang tidak ditumis akan membuat beberapa bahan tersebut tetap segar. Jika diingat kembali, sepintas dengan menu colo-colo yang berasal dari maluku. Antara dabu-dabu dengan colo-colo keduanya sama-sama sambal, perbedaannya hanya pada istilah yang digunakan serta ciri khasnya.

Baca juga:

%d blogger menyukai ini: