PDFCetakSurel

cara membuat roti

tips cara membuat roti


cara membuat roti

 

cara membuat roti yang baik adalah menghasilkan roti yang enak, tidak terlalu mengembang, tidak bantet dan sesuai peruntukannya. Secara pengertian roti menurut saya adalah makanan berbahan dasar tepung dan air yang telah difermentasikan dengan menggunakan ragi. Walaupun banyak ahli yang mengatakan saat ini pengertian roti melebar karena menurut mereka roti bisa dihasilkan tanpa harus dipermentasikan dengan ragi. Tetapi saya masih menganut paham yantg sebelumnya.

Kreativitas menyebabkan banyak bahan yang di tambahkan untuk pembuatan roti seperti mentega, coklat, minyak, telur, pisang, strawberry dan banyak bahan lainnya. Hal ini bukan hanya menambah kandungan protein, vitamin, serat dalam roti tetapi juga memperkaya rasanya. Variasi juga membuat tektur roti menjadi beragam. Di negara Eropa roti merupakan bahan makanan utama. Oleh karena itu saya kurang setuju jika roti di kategorikan sebagai kue ( lihat artikel saya cara membuat kue).

Roti pun dibedakan bukan hanya dari bahan bahan yang ditambahkan pada saat pembuatannya tetapi juga cara memasaknya. Saya sendiri membagi cara memasak roti dengan 3 cara utama yaitu dengan cara di panggang (oven), dengan cara dikukus dan dengan cara di goreng.

Tiga jenis roti berdasarkan cara membuat roti :


1. Membuat roti dengan cara di panggang (didalam oven) : ini merupakan cara umum yang paling sering dilakukan. Karena biasanya untuk tolo roti berskala industri, menggunakan cara ini untuk membuat roti. Contoh roti yang dipanggang adalah roti tawar, roti manis, pita bread, dan baquette.

2. Pembuatan roti dengan cara dikukus : Cara ini juga banyak di temukan temukan di industri rumahan. yang paling terkenal adalah bakpao dan mantao

3. Resep roti dengan cara di goreng : yang paling umum ditemukan adalah donat dan panada.

Roti merupakan masakan yang bisa dibuat secara sangat bervariasi. Teman saya mengklasifikasikan roti berdasarkan rasa. Dia mengatakan ada 3 jenis roti berdasarkan rasa. Saya melihat klasifikasi yang dia buat merupakan dasar dari resep roti diseluruh dunia.

Tiga jenis roti bedasarkan rasa :


1. Roti tawar : Rasa roti ini tidak berbeda dengan namanya. Pada umumnya roti ini dijadikan sebagai roti sandwich atau enak juga jika ditambah mentega, selai, gula, coklat atau susu kental manis. Saya memiliki tips untuk cara membuat roti tawar, yaitu roti jangan dipotong saat masih panas tetapi tunggu dulu sampai dingin. (untuk lebih jelasnya lihat artikel resep roti tawar)

2. Roti isi : pada dasarnya resep roti jenis ini mirip roti tawar hanya saja resep isiannya yang menyebabkan roti jenis ini bisa dikreasikan sesuai dengan selera. Roti isi yang populer dan banyak di temui saat ini adalah roti daging, roti coklat, srikaya dan keju.

3. Roti manis : Raa manis yang muncul biasanya karena kandungan roti manis lebih tinggi dibandingkan dengan jenis roti yang lain. Tetapi tidak menutup kemungkinan rasa manis didapat dari bahan lain seperti buah buahan, madu atau bahan lain yang memiliki cita rasa manis

Semoga artikel ini bermanfaat dan anda bisa mempraktekan artikel cara membuat roti



Related news items: