Resep Udang

Kumpulan resep udang yang paling lezat dengan tutorial cara membuatnya yang mudah dipraktekan

PDFCetakSurel

Resep Udang Pedas Manis

resep udang - resep udang

Ditulis oleh Rina Ariyani Minggu, 17 Februari 2013 01:37

Resep Udang Pedas Manis

resep udang pedas manis

Resep udang yang enak sebenarnya cukup banyak yang pernah kami posting. Resep masakan kali ini merupakan variasi memasak udang yang enak namun tidak terlalu rumit membuatnya. Bumbunya yang cukup komplit berpadu dengan gurihnya santan terserap sempurna oleh lembutnya serat udang. Maknyus.

Yang harus disiapkan :
350 gram udang jerbung
200 ml santan berasal dari 1/4 butir kelapa
2 sdm Kecap Manis ABC Black Gold
4 lembar duan jeruk, bersihkan tulang daunnya
200 gram kentang mini
1 sdt garam ataus sesuai selera
1 sdm air asam jawa berasal dari larutan  1 sdt asam jawa dan 2 sdm air
1 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt merica halus
3 sdm minyak sayur

Semua bahan ini dihaluskan :
50 gram kacang tanah tanpa kulit, digoreng
1 sdm kacang mede, digoreng
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
6 buah cabai merah keriting
1/2 sdt terasi bakar

Pelengkap :
2 sdm bawang merah goreng

Cara membuat resep udang pedas manis :

Bersihkan kentang, kupas kulitnya. Lalu goreng sebentar sampai berkulit. pisahkan
Kupas kulit udang serta bagian kepala. Sisakan ekor lalu belah belah pada bagian punggung udang
olesi udang menggunakan air jeruk nipis.
Tumis bahan yang dihaluskan dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan udang. Tumis kembali hingga terlihat perubahan warna.
Tambahkan kentang, Kecap Manis ABC Black Gold, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.
Tuang santan. Masak hingga matang dan kental. Tambahkan air asam. Aduk rata.

Takran 4 porsi

Saran : jangan masak udang terlalu lama supaya dagingnya tidak keras.
=======================

Jika saat ini anda memiliki udang dan bingung ingin dimasak apa? Kami memiliki beberapa resep udang yang lain yang tidak kalah enaknya dengan resep masakan kali ini. Silahkan kunjungi artikel kami resep udang saus lada hitam , resep udang cara membuat pecel udang , capcay seafood , udang bakar kecap , resep bakso udang goreng , resep masakan mie udon udang daging dan resep masakan indonesia tahu gimbal bakwan udang

 

PDFCetakSurel

Resep udang saus lada hitam

resep udang - resep udang

Ditulis oleh Rina Ariyani Minggu, 25 Maret 2012 16:48

Penilaian Pengguna: / 8
JelekBagus 
Resep udang saus lada hitam - 5.0 out of 5 based on 8 votes

Resep udang saus lada hitam

resep udang saus lada hitam
resep udang saus lada hitam memang tidak umum tersaji di restoran sea food. Biasanya yang paling populer adalah udang saus tiram, udang goreng mentega, udang saus padang dan udang asam pedas. Saya menyadari bahwa sea food adalah salah satu masakan favourite saya. Makanya tidak heran kalau hang out sama teman teman restoran sea food merupakan salah satau tempat yang cukup sering kami tuju. Seperti biasa resep masakan kali ini pun saya dapatkan dari majalah langganan saya. Saya praktekan dan sedikit melakukan beberapa perubahan dan hasilnya lumayan enak. Masakan seafood memang paling lezat jika disantap bersama nasi hangat. Mmmm apalagi resep udang kali ini. Lada hitam nya memilki rasa pedas yang nyetrum banget bahkan setara dengan cabe loh. Bagi yang tidak suka pedas harus hati hati. Oleh karena itu saya rekomendasikan disantap bersama nasi hangat.

Yang harus disiapkan:
250 gram udang pancet dengan ukuran besar
1/2 siung bawang putih, diparut halus
1/2 sendok teh garam halus
1/2 sednok makan air jeruk nipis
minyak sayur secukupnya

Bahan yang diperlukan untuk membuat saus Lada Hitam:
1/2 sendok makan minyak sayur
100 mili liter air
1/2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saus tiram
1/2 sendok makan kecap asin
1 sendok teh lada hitam, dimemarkan secara kasar
1/2 sendok teh tepung kanji, larutkan pada sedikit air
1/2 siung bawang putih, dicincang dan dihaluskan
15 gram bawang bombay, dicincang

Cara membuat resep udang saus lada hitam :

Potong dan buang sungut udang. sayat bagian punggung udang menggunakan pisau sampai agak terbuka.
Olesi menggunakan bawang putih, garam dan air jeruk nipis. Biarkan kurang lebih 30 menit
Goreng udang tersebut pada minyak panas dan cukup banyak (ini diperlukan agar udang matang secara sempurna dan merata). Tiriskan
Persiapan untuk membuat saus lada hitam
Bawang putih dan bawang bombay ditumis sampai layu.
Masukan bumbu lainnya dan air. Masak sampai mendidih
Tuangkan larutan tepung kanji kedalamnya, aduk aduk sampai mengental
Tambahkan udang goreng, didihkan sebentar saja. Angkat
Hidangkan saat hangat bersama nasi putih hangat

Resep masakan ini diperuntukan untuk 3 orang. Anda dapat merubah jumlah sesuai takaran. Semoga nada menyukai dan bisa mempraktekan resep udang lada hitam

   

PDFCetakSurel

Resep udang : Cara membuat pecel udang

resep udang - resep udang

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 13 Maret 2012 02:43 Ditulis oleh Rina Ariyani Selasa, 13 Maret 2012 01:39

Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 
Resep udang : Cara membuat pecel udang - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Resep udang : Cara membuat pecel udang


resep udang cara membuat pecel udang

Resep udang ini pernah dibuatkan ibu saya ketika saya tidak memiliki selera makan. Awalnya saya masih ingat agak malas menyendok nasi hangat yang sudah tersaji di meja makan. Ambil satu sendok nasi sama satu sendok masakan dari resep udang ini. Eh baru aja beberapa suap citarasa pedas asam sambal nyetrum banget di lidah saya, nendang banget dengan rasa gurih renyahnya udang. Akhirnya nambah lagi satu sendok nasi dan satu sendok udah hehe. Jika tidak malu karena sempat menyepelekan hidangan udang ini ingin rasanya mengambil beberapa sendok lagi. Dan seperti biasa jika memakan masakan segar seperti ini keringat langsung membanjiri kepala saya.

Karena pengalaman tersebut akhirnya saya mencari tahu gimana sih cara membuat pecel udang . Dan tersajilah artikel yang akan teman teman baca ini. Beneran deh cocok banget sama nasi anget. resep udang ini cocok juga untuk disajikan sebagai makan siang keluarga. Saya anjurkan anda mencoba resep masakan kali ini.

 

Bahan resep udang - pecel udang :

500 gram udang kecil

minyak sayur untuk menggorang, secukupnya

Bahan untuk dihaluskan :

2 siung bawang putih

1 sendok tehketumbar

2 sendok teh garam

 

Untuk membuat sambal:

2 jeruk limau, dibelah menjadi dua bagian

Bahan sambal yang harus dihaluskan:

16 buah cabe merah keriting

10 cabe rawit merah

2 siung bawang putih

2 sendok teh terasi udang

1 buah tomat merah

2 sendok teh garam halus

Bahan sebagai pelengkap:

Daun selada

Tomat

Cara membuat pecel udang - resep udang :

Bersihkan udang dengan cara dicuci, lalu buang bagian kepalanya. Diamkan sampai airnya turun

Campurkan udang bersama bahan halus, sambil diaduk sampai merata. Biarkan kurang lebih 30 menit agar bahan halus menyerap dalam udang.

Udang yang sudah dibumbui tersebut digoreng pada minyak panas, sampai

Goreng udang berbumbu dalam minyak panas hingga matang dan kering. Tiriskan.

Siapkan sambal pada piring saji.

Taruh udang goreng di atasnya. Tekan-tekan hingga agak pipih.

Kucuri air jeruk limau.

Hidangkan bersama Pelengkapnya.

Bisa dihidangkan untuk 8 orang. resep masakan ini mudah dipraktekan. Rasanyapun tidak akan mengecewakan. Semoga anda bisa mempraktekan artikel cara membuat pecel udang dalam kategori resep udang