Mengenal Cara Membuat Brem Bali

resep minuman - resep minuman

Penilaian Pengguna: / 4
JelekBagus 
Mengenal Cara Membuat Brem Bali - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Mengenal Cara Membuat Brem Bali

cara membuat brem bali


Saat mama ke Jawa Timur, tentu tidak asing lagi dengan penganan brem. Bentuknya yang seperti lempengan dan berasa asam dimulut merupakan oleh-oleh populer dari Jawa Timur dan sekitarnya. Namun apakah mama juga tahu bahwa di Bali juga memiliki Brem? Brem Bali bukan berbentuk penganan seperti di Jawa Tmur, tapi brem Bali berbentuk cairan atau minuman. Biasanya disajikan sebagai minuman selamat datang bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali.


Minuman brem Bali merupakan cairan brem dengan rasa manis dan agak sedikit asam, berwarna merah kehitaman. Minuman Brem Bali memiliki kandungan alkohol antara 3-10 persen. Brem Bali biasanya dibuat  dari hasil fermentasi beras ketan hitam, namun juga ada yang dibuat dari beras ketan putih. Kadar alkohol dalam brem bisa berubah-ubah selama dalam penyimpanan. Kenaikan kadar alkohol ini terjadi akibat dari proses fermentasi yang terus-menerus berlangsung selama masa penyimpanan, sedangkan penurunan kadar alkohol disebabkan oleh proses esterifikasi, oksidasi, maupun penguapan.

 

Cara Membuat Brem Bali


Brem cair diproses melalui proses fermentasi. Zat pati yang ada pada ketan akan di hidrolisis menjadi glukosa dengan enzim amilase yang dikeluarkan oleh kapang tertentu yang didapat dalam ragi tape. Setelah itu glukosa itu akan berubah menjadi alkohol dengan proses fermentasi yang diproses oleh khamir yang ada pada ragi tape.

Tape ketan yang dibuat didalam pembuatan brem disimpan dalam wadah yang dirancang secara khusus pada bagian dasarnya, hingga air tape yang diperoleh bisa dikumpulkan. Air tape baru dihasilkan pada fermentasi hari ke-2 sampai ke-4. Sisa ampas tape bisa digunakan sebagai makanan ternak atau bahan baku pembuatan makanan kecil.

Air tape yang sudah dikumpulkan lalu didiamkan selama tujuh hari - satu bulan, untuk mendapatkan kadar alkohol yang tinggi biasanya disimpan selama 6 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, sisa padatan yang berada dalam air tape akan mengendap dan brem menjadi jernih. Cairan brem yang sudah jernih lalu dituang secara hati-hati ke dalam botol untuk dikonsumsi atau dipasarkan.

Garis Besar Cara Pembuatan Brem Bali

  1. Ketan hitam direndam selama 24 jam
  2. Ketan lalu dimasak, sesudah dimasak lalu didinginkan. Setelah dingin ragi dicampurkan lalu dimasukkan kedalam wadah.
  3. Simpan tape selama 5 hari, hingga berubah menjadi tape.
  4. Tape diremas-remas lalu diperas untuk diambil airnya. Ampasnya bisa dijadikan makanan ternak atau dibuat makanan kecil.
  5. Air tape dai campur sedikit air.
  6. Masukkan sedikit (yeast) ragi kembali, lalu simpan selama 7 hari hingga 1 bulan.
  7. Guna meningkatkan kadar alkohol yang tinggi bisa simpan selama 6-8 bulan
  8. Uji kualitasnya. Sesudah selesai kemudian masukan kedalam botol packing.


Kekeruhan pada brem Bali biasanya berasal dari sisa karbohidrat, sel-sel khamir serta zat warna yang mengendap. Di Jepang, munuman tradisional Jepang yang mirip dengan brem Bali adalah Sake. Keduanya berasal dari ketan, dan mengandung kadar alkohol. Disini kita hanya mengenal cara membuat brem Bali tanpa bermaksud atau menganjurkan membuat atau mengkonsumsi brem Bali ini. Karena kami tahu, sebagian besar mama adalah seorang Muslim seperti kami yang "dilarang" mengkonsumsi alkohol dan minuman memabukan lainnya seperti juga para Admin disini. Namun cukuplah sebagai pengetahuan saja.



Newer news items:
Older news items: