PDFCetakSurel

Cara Membuat Uli Ketan Lezat

resep masakan tradisional - resep masakan tradisional

Penilaian Pengguna: / 5
JelekBagus 
Cara Membuat Uli Ketan Lezat - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Cara Membuat Uli Ketan Lezat

cara membuat uli ketan
Cara Membuat Uli Ketan Lezat - Resep Masakan Mama. Saya yakin mama semua sudah tidak asing lagi dengan penganan yang namanya uli ketan ini. Masakan tradisional uli ketan ini biasanya dibuat saat istimewa, seperti jika ada hajatan ataupun menjelang lebaran. Uli ketan juga sering ditemui dijual dipinggiran jalan, biasanya disajikan dengan cara dibakar dan ditaburi sangrai kelapa parut. Rasanya memang cukup mantap, dan juga merupakan jajanan yang mengenyangkan serta sehat.

Cara membuat uli ketan sebetulnya tidak sulit, hanya memang memerlukan tenaga yang cukup. Tenaga yang cukup kita keluarkan saat menumbuk uli ketan ini, pada tahap ini mama sebaiknya meminta bantuan suami tercinta supaya uli ketan yang dihasilkan cukup halus dan merata. Uli ketan yang sudah jadi biasanya dibungkus dengan daun pisang muda, hal ini bertujuan untuk menjaga daya tahan uli ketan tersebut supaya bisa bertahan hingga lebih dari 1 minggu.

 

Cara Membuat Uli Ketan Lezat


Bahan utama membuat uli ketan adalah beras ketan putih yang dicampur dengan parutan kelapa yang santannya belum diambil. Caranya mudah, masak beras ketan tersebut dan campurkan dengan parutan kelapa dan garam, tumbuk hingga halus. Berikut ini cara membuat uli ketan yang bisa mama ikuti.

Resep Uli Ketan


Bahan bahan :

  • Beras ketan putih yang bagus sebanyak 3 kliogram.
  • Parutan kelapa dari 6 butir kelapa setengah tua, jangan yang tua.
  • Garam secukupnya.


Cara membuat uli ketan :

  1. Cuci beras ketan, tiriskan, dan masak hingga masak. Aduk perlahan (di akeul) agar uap panas bisa keluar.
  2. Campur dengan kelapa parut dan garam, uleni hingga rata.
  3. Masukan ke dalam "lumpang"  atau wadah besar sebagai tempat uli ditumbuk, tumbuk pakai "alu" atau alat penumbuk lain hingga halus.
  4. Saat menumbuk, bolak-balikkan uli ketan tersebut supaya halusnya merata.
  5. Saat uli ketan telah halus, siapkan amparan daun pisang muda yang sudah diolesi dengan sedikit minyak sayur.
  6. Ambil uli secukup, letakkan diatas daun pisang dan bungkus rapat.
  7. Uli ketan yang sudah dibungkus daun pisang bisa tahan selama seminggu, jika ingin bertahan lebih lama lagi bisa disimpan di kulkas.


Uli ketan yang baru matang biasanya sangat enak dimakan langsung, apa lagi masih hangat dan pulen. Bila uli ketan sudah agak lama, apa lagi uli ketan yang disimpan di kulkas. Biasanya kita mesti berkreasi sebelum memakannya karena uli ketan sudah agak keras, uli ketan bisa dijadikan uli bakar, digoreng dengan sedikit minyak ataupun banyak minyak (goreng rendam) tergantung selera mama dan keluarga.

Ada sedikit tips saat menumbuk uli, bagi yang berat menumbuk uli menggunakan alu, bisa menumbuk uli ketan dengan menggunakan "pohon pacing". Pohon pacing biasa digunakan secara tradisional untuk menumbuk uli ketan di daerah jawa barat. Yang digunakan adalah batang utama pohon pacing dengan diameter 3-5 cm, entah kenapa ketan lebih mudah tunduk pada pohon pacing ini ketimbang menggunakan alu. Semoga cara membuat uli ketan ini bisa membantu mama semua, selamat memasak.



Related news items:
Newer news items:
Older news items: