PDFCetakSurel

Cara Membuat Papeda

resep masakan tradisional - resep masakan tradisional

Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 
Cara Membuat Papeda - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Cara Membuat Papeda (Masakan Khas Papua dan Maluku)

Cara membuat Papeda


Masakanmama.com - Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan beras sebagai bahan makanan pokok. Namun di kawasan Indonesia timur seperti Papua dan Maluku, sagu merupakan pengganti beras dan menjadi makanan pokok. Cara memasak sagu biasanya di buat menjadi Papeda, yakni semacam bubur sagu.  Papeda biasanya disajikan bersama ikan mubara, ikan tongkol maupun ikan ekor kuning yang menggunakan kunyit sebagai bumbunya.

 


Papeda yang merupakan masakan khas tradisional Indonesia timur ini memiliki warna putih bening serta bertekstur layaknya lem dan rasanya tawar. Cara memakannya adalah dengan mencampur dengan ikan ekor kuning dll. Rasa papeda yang tadinya tawar akan sangat berbeda, dan mampu mengugah selera makan siapa saja. Papeda sama halnya nasi memiliki fungsi sebagai makanan pokok, bisa disajikan sebagai makanan berat. Karbohidrat yang dimilikinya bisa menjadi sumber tenaga, dan mampu mengenyangkan perut kita. Berikut ini resep cara membuat papeda sederhana yang bisa mama ikuti.

 

Cara Membuat Papeda


Bahan Papeda :

  • 100 gram    Tepung sagu
  • 1000 cc    Air
  • 1/2 sdt    Garam
  • 1/2 sdt    Gula



Cara membuat Papeda :


  1. Campur tepung sagu dengan 300 cc air. Tambahkan juga gula serta garam, aduk hingga merata.
  2. Rebus 700 cc air sampai mendidih.
  3. Tuangkan air mendidih ke dalam campuran tepung sagu secara perlahan sambil diaduk sampai semua sagu matang merata.
  4. Sagu yang sudah matang akan berwarna putih bening.
  5. Bila kematangan sagu tidak merata, adonan sagu dapat mama masak sebentar di atas api kecil sambil diaduk perlahan hingga benar-benar matang merata.
  6. Segera angkat papeda dan sajikan selagi hangat. Jika papeda sudah dingin, tekstur serta rasanya bisa berubah.
  7. Sajikan papeda bersama ikan kuah kuning dan tumis sayuran


Untuk mengangkat adonan sagu papeda yang lengket, mama bisa memakai dua bilah sumpit yang dipegang kedua tangan. Masukkan sumpit kedalam papeda dan putar-putar dengan cepat, angkat. Masukkan papeda ke dalam piring yang telah diisi kuah kuning yang cukup banyak. Menyantap papeda juga memiliki cara yang unik, yaitu dengan menghisap atau menyedot papeda dari tepi piring sambil meminum kuahnya. Namun bila mama dan keluarga belum biasa, pakai saja sendok makan.

Bila mama dan keluarga penyuka pedas, mama bisa menambahkan cabe halus atau bubuk didalam papeda. Rasa pedasnya akan membuat papeda lain dari biasanya dan mambuat mama ketagihan. Selain itu, papeda bisa juga dikreasikan dengan berbagai masakan sayur seperti bayam, kangkung, daun melinjo, jagung, kacang panjang dan otung. Untuk mendapatkan rasa asam secara alami, bisa memakai perasan belimbing sayur atau jeruk limau. Semoga cara membuat papeda ini bisa mama coba dirumah.



Newer news items:
Older news items: