PDFCetakSurel

Resep Kalkun Panggang - Turkey Roaster

Resep Masakan Ayam - Resep Masakan Ayam

Penilaian Pengguna: / 2
JelekBagus 
Resep Kalkun Panggang - Turkey Roaster - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Resep Kalkun Panggang - Turkey Roaster

Resep Kalkun Panggang Turkey Roaster
Masakan olahan dari daging ayam kalkun seperti Resep Kalkun Panggang - Turkey Roaster   memang belum begitu populer di Indonesia, sebab kalkun memang bukan unggas asli Indonesia. Di Eropa dan Amerika biasanya kalkun panggang disajikan saat acara kumpul keluarga seperti dalam acara thanksgiving. Kalkun panggang bisa kita sajikan saat ada acara keluarga hingga menjadi hidangan spesial saat Idul fitri tiba.


Biasanya daging kalkun bisa di dapat di Pasar Swalayan atau hipermarket dalam keadaan beku, sebab sebagian besar merupakan kalkun import dari luar. Namun saat ini sudah banyak juga peternak ayam kalkun, biasanya mereka menjual daging kalkun dalam keadaan fresh atau segar. Jika mama menemukan daging kalkun yang segar dan beku, sebaiknya pilih yang segar karena itu biasanya dipotong tidak terlalu lama, dan juga lebih terjamin ke-halal-annya bila mama seorang muslim.

Dalam membeli daging kalkun, perhatikan instruksi yang tertera pada bagian kemasan. Beberapa jenis daging kalkun sudah diberi larutan garam hingga perlu dikontrol garam yang kita pakai saat membumbui.

Untuk daging kalkun beku import dari luar negeri, biasanya tersedia dengan ukuran sekitar 12 lbs atau 6 kg. Banyak merek daging kalkun beku yang beredar, namun mama harus jeli memilih terutama dari segi ke-halal-annya. Merek Norbest® Tender-Timed® Young Turkey bisa dipilih karena mereka menyediakan daging kalkun yang disembelih secara syariat Islam dan banyak tersedia di Indonesia. Periksa bagian kemasan kalkun dan lihat simbol halal yang berwarna hijau.

Jika mama membeli kalkun beku, maka harus diperhatikan cara mencairkan (thawing/defrosting) daging kalkun tersebut. Jangan mencairkan di suhu ruang, tapi letakkan daging kalkun di dalam kulkas/chiler (bukan freezer ya)

Perlu diperhatikan adalah pada saat mencairkan (defrosting / thawing) si kalkun. Jangan sekali – kali men-defrost dengan membiarkan kalkun tergeletak dalam suhu ruang. Kalkun (dan semua jenis unggas) harus di-thawing secara perlahan-lahan. Caranya dengan meletakkan si daging kalkun di dalam lemari pendingin (refrigerator, bukan freezer) hingga unggas benar-benar lunak. Hal ini bisa mencegah timbulnya bakteri Salmonella yang dapat membuat keracunan kendati si unggas sudah dimasak sekalipun. Untuk men-thawing kalkun 12 lbs, saya memerlukan waktu sekitar 3 hari (3×24 jam) dengan cara ini.

Agar daging kalkun menjadi lebih empuk dan juicy (kaldu/sarinya keluar), maka perlu mama rendam di dalam larutan garam. Proses perendaman di larutan garam ini disebut dengan “Brining“ atau "Marinating". Larutan garam ini akan membuat daging lebih empuk dan juga cepat matang serta bumbu bisa lebih meresap ke dalam daging dan juicy. Lama proses brining dan juga jumlah garam yang mama pakai tergantung dari jenis kalkun.

 

Jika memakai daging kalkun yang sudah diinjeksi dengan larutan garam (pre-basted), maka proses brining dapat dilakukan cukup singkat dan hanya diperlukan sedikit garam. Umumnya dibutuhkan 1 cup garam bagi setiap gallon (3,75lt) larutan brine, namun jika pre-based cukup setengahnya.

Resep Kalkun Panggang - Turkey Roaster


Resep brining daging kalkun :

  • 10 lt air
  • 2/3 cup garam
  • 250 gr wortel potong dadu
  • 250 gr kentang potong dadu
  • 200 gr bawang bombay potong tipis
  • 5 batang daun bawang
  • 1 sdt bubuk cayenne pepper
  • 1 sdt thyme kering (dried thyme)
  • 2 sdt rosemary kering (dried rosemary)
  • 1 sdt bubuk paprika
  • 1 sdt lada hitam bubuk


Rebus semua bahan di dalam panci besar, setelah itu biarkan hingga suhunya mencapai suhu ruang. Lalu tempatkan daging kalkun yang telah dicuci bersih ke dalam wadah dan tuang larutan brine sampai merendam semua bagian kalkun. Masukkan ke dalam kulkas selama 8 jam.

Cara membuat kalkun bakar

Untuk memanggang daging kalkun yang dibutuhkan adalah :

  • Daging kalkun yang telah mengalami proses brining
  • 1 buah jeruk lemon
  • 2 buah bawang bombay potong-potong
  • 3-4 tangkai rosemary segar
  • Lada hitam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Olive oil secukupnya.
  • Mentega yang telah dicairkan secukupnya
  • Kentang secukupnya di potong dadu
  • Wortel secukupnya di potong dadu



Cara membuat Kalkun Bakar

  1. Bersihkan daging kalkun di bawah air mengalir, setelah itu keringkan hingga kering. Pakailah tissue dapur guna melap bagian luar serta rongga dalam kalkun tersebut.
  2. Ambil sedikit garam beserta lada hitam, lalu balurkan ke dalam rongga kalkun.
  3. Potong jeruk lemon beserta 1 buah bawang bombay menjadi 4 bagian dengan sama besar, lalu masukkan ke dalam rongga kalkun bersama dengan rosemary.
  4. Taburi bagian luar kalkun dengan lada hitam dan garam secukupnya hingga merata, setelah itu olesi dengan olive oil.
  5. Atur potongan kentang, wortel, dan juga bawang bombay pada wadah pemanggang / loyang. Pakailah loyang yang dindingnya tidak terlalu tinggi.
  6. Letakkan daging kalkun di atas potongan kentang dan wortel lalu masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 220 Celcius selama 30 menit, setelah itu turunkan suhunya menjadi 190 Celcius hingga daging kalkun matang sempurna. Olesi dengan mentega cair disela-sela waktu memanggang.
  7. Daging kalkun sudah matang sempurna jika suhu daging yang paling tebal sudah mencapai 78 derajat Celcius. Karena itu sangat dianjurkan mama menggunakan Termometer Daging sehingga daging kalkun tidak masih mentah maupun terlalu matang saat kita angkat.
  8. Daging kalkun pada umumnya sudah dilengkapi dengan penanda suhu (dibagian dada) yang akan muncul ke atas (pop up) ketika suhu daging mencapai 85 Celcius. Tapi jika mama menunggu penanda suhu ini berfungsi dimana suhu harus mencapai 85 Celcius terlebih dahulu, maka daging kalkun akan terlalu kering. Karena itu jika suhu daging telah menunjukkan 78 Celcius, segera keluarkan daging kalkun dari oven. Maka panas yang tersisa (carry over heat) ini akan mematangkan daging kalkun hingga mencapai 85 Celcius.
  9. Tunggu 30 menit sesudah daging kalkun mama keluarkan dari oven supaya kaldunya terserap kembali.
  10. Cairan kaldu dan lemak kalkun bisa dikentalkan menggunakan tepung maizena secukupnya dan  dijadikan gravy.
  11. Kalkun bakar sudah siap disajikan, mama bisa menyajikannya secara utuh ataupun dipotong-potong terlebih dahulu.


Resep Kalkun Panggang - Turkey Roaster selalu menjadi hidangan istimewa saat disajikan. Proses pembuatannya yang cukup lama membuatnya membuatnya jarang menjadi menu sehari-hari. Kalkun panggang ini sangat tepat untuk di makan beramai-ramai, sajika dalam keadaan utuh untuk menambah kesan mewah bagi masakan kalkun ini.



Newer news items:
Older news items: