PDFCetakSurel

Resep Cara Membuat Tape Ketan

kue basah - Resep kue basah

Penilaian Pengguna: / 1
JelekBagus 
Resep Cara Membuat Tape Ketan - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Resep Cara Membuat Tape Ketan

Resep Cara Membuat Tape Ketan


Mama tentu sudah mengenal apa itu tape ketan, tape ketan merupakan salah satu penganan tradisional favorit masyarakat. Biasanya tape ketan dijual dengan dibungkus oleh daun pisang. Banyak yang suka dengan tape ketan ini, tapi tidak banyak yang mau membuatnya. Sebab cara membuat tape ketan membutuhkan waktu yang cukup lama, jika kita membuatnya hari ini, hasilnya baru bisa dinikmati 3 hari kemudian.


Bukan rahasia bila yang bisa membuat tape ketan saat ini hanyalah para orang tua saja. Tape ketan umumnya di hadirkan saat acara-acara tertu seperti pada acara hajatan, pesta, syukuran, arisan atau acara-acara special lainnya. Rasanya yang manis agak asam yang diberikan oleh tape ketan merupakan sensasi tersendiri. Rasa unik inilah yang banyak menjadikan penggemar tape ketan selalu mencarinya.

Banyak orang tua yang memberikan pantangan saat membuat tape ketan ini, bila pantangan dilanggar maka besar kemungkinan tape ketan tidak akan jadi dengan sempurna. Beberapa pantangan ini diantaranya adalah dilarang menyentuh ketan yang sudah dikukus dengan jari / kulit kita langsung, harus memakai masker penutup mulut dan hidung, hingga harus mandi terlebih dahulu.

Sebetulnya pantangan ini saat ini bisa dijawab dengan ilmiah, semuanya berkaitan dengan sterilisasi dan menghindari kontaminasi yang mungkin terjadi lewat jemari maupun napas kita.

Sebab Tape ketan merupakan penganan hasil fermentasi menggunakan jamur (ragi tape). Dan agar fermentasi bisa berjalan baik, sterilisasi dan kebersihan harus benar-benar dijaga. Supaya ragi bisa berkembang baik dan merubah ketan menjadi tape.

Proses pada pembuatan tape termasuk proses fermentasi makanan yang merubah karbohidrat (dalam hal ini ketan) menjadi alkohol, karbondioksida dan asam organik dengan menggunakan ragi/yeast, bakteri atau kombinasi keduanya dalam kondisi anaerob (tanpa oksigen).

Karena menggunakan mikroorganisme di dalam prosesnya maka semua perabotan yang dipergunakan harus bersih tujuannya agar kultur bakteri yang kita gunakan untuk membuat tape bisa bekerja dengan baik dan tidak terkontaminasi oleh jenis bakteri atau jamur lain yang tidak diinginkan. Nah tangan serta tubuh kita sendiri mengandung banyak jenis mikroorganisme yang besar kemungkinan akan merusak proses fermentasi.

 

Resep Cara Membuat Tape Ketan


Bahan-bahan Tape Ketan :

  • 1 kg Beras ketan merah atau hitam atau putih sesuai selera mama
  • 1 butir Ragi 1 butir


Cara Membuat Tape Ketan :

  1. Siapkan dan bersihkan semua peralatan yang akan kita butuhkan, termasuk menjaga kebersihan tubuh dan pakaian kita.
  2. Cuci hingga bersih beras ketan, rendam selama kurang lebih 2 jam, kemudian tiriskan terlebih dahulu.
  3. Kukus beras ketan sampai beras ketan benar-benar matang, angkat dan angin-anginkan.
  4. Sesudah ketan yang telah dikukus dingin, tebar ketan kedalam wadah lebar dan ratakan. Kemudian taburi dengan ragi tape yang telah dihancurkan dan di ayak halus dan aduk sampai benar-benar rata.
  5. Siapkan wadah dan masukan ketan kukus yang telah diberi ragi kedalamnya.
  6. Tutup wadah tersebut, lapisi dengan kain bersih berlapis lapis supaya panas dari proses fermentasi di dalam bisa merata dengan sempurna.
  7. Diamkan selama 3 hari, tape ketan yang berhasil biasanya sudah bisa dinikmati dlam 3 hari.


Keluarga tercinta mama pasti akan senang menikmati tape ketan yang mama buat sendiri dirumah. Bisa dijadikan penganan saat santai keluarga atau menonton TV. Menjaga kebersihan merupakan kunci keberhasilan dari Resep Cara Membuat Tape Ketan.



Newer news items:
Older news items: