Resep Kue Kering Wingko Babat Khas Semarang

kue kering - kue kering

Penilaian Pengguna: / 3
JelekBagus 
Resep Kue Kering Wingko Babat Khas Semarang - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Resep Kue Kering Wingko Babat Khas Semarang

resep kue kering wingko babat khas semarang
Resep kue Kering wingko babat kami posting karena kemarin siang diberi oleh oleh wingko babat oleh salah satu teman di team saya. Wingko babat nya enak karena asli dari Semarang. Karena ingin berbagi kue kering ini kepada para pengunjung blog masakanmama.com, akhirnya kami cari resep kue wingko babat yang rasanya sama enaknya dengan oleh oleh yang dibawa teman saya itu. Akhirnya ketemu deh resep kue kering manis yang menjadi ciri khas kota Semarang ini. Ciri khas dari wingko babat adalah rasanya yang manis, sari santan gurihnya sangat terasa dan wangi pandan serta vanili. Ternyata untuk mendapatkan wingko babat yang enak kita tidak perlu jauh jauh ke Semarang. Cukup menyediakan waktu sebentar di dapur.

Yang harus disiapkan :

500 g Tepung ketan
50 g Tepung kanji
350 g Gula pasir
250 mili liter Santan kental perasan satu butir kelapa
350 g Kelapa setengah matang, parut memanjang
1 sdm Margarin
1 lmbr Daun pandan, dibuat simpul
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Pasta vanili atau vanili bubuk
Daun pisang, secukupnya atau bisa diganti kertas minyak untuk alas.

Untuk olesan :
2 butir kuning telur
1/2 sdm margarin

Cara Membuat kue kering Wingko Babat khas Semarang :

Siapkan panci bersih. Masukan gula pasir, santan, garam dan daun pandan. Nyalakan api lalu rebus campuran bahan tadi sampai mendidih. Masak sampai benar benar mendidih dan mulai mengental.
Pada wadah lain satukan tepung ketan, tepung kanji, kelapa parut, margarin serta vanili sambil diaduk sampai merata. Jika dirasa semua bahan sudah menyatu, masukan rebusan santan secara bertahap sambil terus diaduk-aduk hingga kalis dan berminyak.
Siapkan loyang yang sudah dialasi menggunakan daun pisang (dapat diganti kertas minyak). Jika sudah siap, tuang adonan wingko tadi pada loyang, kemudian ratakan.
Panggang menggunakan oven pada suhu 160 derajat celcius dalam waktu 20 menit, setelah 20 menit keluarkan kue dari oven, semir permukaan kue wingko babat menggunakan bahan untuk olesan. Selesai diolesi, panggang kembali dalam waktu 25 menit atau hingga kue kering wingko babat matang dan terlihat berubah warna kuning kecokelatan. Angkat kue tersebut lalu biarkan dingin
Jika sudah dingin, potong-potong kue menjadi beberapa potong, lalu bungkus menggunakan kertas minyak atau plastik.

====================

Resep kue kering wingko babat yang kami postingh kali ini adalah wingko babat original. Sekarang banyak sekali varian dari wingko babat dengen berbagai rasa. Jika menyukai kue kering baca artikel kami yang lain seperti kue kering keju , resep kue keju , resep kue kering panggang aneka buah , kue kacang , kue coklat , resep kue kering coklat ,  dan kue coklat kering



Related news items:
Newer news items:
Older news items: