PDFCetakSurel

Tips Cara Memilih Peralatan Masak

Info dan Tips

Tips Cara Memilih Peralatan Masak

Mama mungkin pernah merasakan, saat pergi ke toko peralatan dapur yang lengkap. Mama akan menemukan banak sekali pilihan peralatan masak seperti panci dan wajan. Namun apakah mama tahu mana peralatan memasak yang baik, mudah digunakan lagi aman?

Kebanyakan panci dan wajan akan terlihat sangat mirip, namun terdapat kualitas tertentu yang harus mama periksa ketika mama memutuskan untuk membeli. Saat mama berada di toko, jangan malu-malu. Angkat panci, periksa ketebalan sisi dan bawah, kemudian ketuk panci dengan buku jari mama. Jika yang mama dengar bunyi 'buk buk buk' dan bukannya 'ping', lanjutkan dengan gerakan-gerakan seperti sedang memasak. Dapatkan 'feel' dan kecocokan, karena mama akan menggunakannya hampir setiap hari.

 

lazada

Tips Cara Memilih Peralatan Masak


Bahan Dasar Dan Berat
Panci dan wajan harus cukup kuat untuk menyebarkan panas secara merata, dan mampu menjaga makanan dari hangus. Inilah beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat peralatan memasak.

Tembaga
Tembaga merupakan pilihan yang paling mahal, tapi bereaksi dengan makanan yang asam dan membutuhkan perawatan khusus.
Aluminium anodized
Aluminium anodized merupakan pilihan yang cocok sebagai panci tumis. Sangat responsif terhadap panas dan mencegah reaksi kimia dengan makanan.
Besi cor
Besi cor juga menghantarkan panas dengan baik, namun bereaksi dengan saus asam dan bisa berkarat bila tidak dibersihkan dengan benar dan berpengalaman. Biasanya peralatan masak dari besi cor pot dilapisi dengan enamel untuk menghindari dilema ini, namun peralatan memasaknya tetap sangat berat dan menjadi kelemahan peralatan memasak ini. Kita mesti menghindari menggosok wajan besi cor dengan abrasive.
Coating non-stick
Coating non-stick merupakan pilihan populer, terutama jika mama banyak memasak dengan lemak. Coating non-stick baru sekarang lebih tahan gores dibanding sebelumnya.

Intinya, Peralatan Masak Stainless steel dengan lapisan dalam dari tembaga atau aluminium merupkan piliha terbaik 'all-around' karena tahan lama, non-reaktif, menghantarkan panas dengan baik dan mudah dibersihkan.

Pegangan Peralatan Masak
Banyak panci atau wajan memiliki pegangan yang terbuat dari logam konduktif rendah seperti stainless steel, ini membuat mereka tetap relatif dingin. Dengan pegangan logam, beberapa koki lebih memilih memakai paku keling yang dapat mengumpulkan sisa makanan dan lebih sulit untuk dibersihkan. Apapun yang mama pilih, pastikan pegangan tidak akan datang longgar dan kuat. Pegangan dari plastik dan kayu lebih ringan, menarik namun tidak tahan panas. Bahan logam menangani pans dengan baik, namun pastikan juga memiki lapisan yang melindungi tangan mama dari panas tersebut.

Tutup Yang Aman
Tutup panci dan wajan harus sesuai, erat dan mempunyai pegangan tahan panas. Tutup kaca lebih nyaman sebab mama bisa memeriksa kemajuan masakan tanpa mengangkat tutupnya. Tutup yang pas akan menjaga kelembaban di dalam pot. Gunakan pedoman produsen jika digunakan dalam oven.

Food Grade
Salah satu syarat penting peralatan memasak yang baik adalah food grade, atau aman bagi masakan. Peralatan masak food grade tidak akan mencemari atau meracuni masakan mama dengan racun, hingga aman bagi masakan. Pastikan logo food grade tertera pada panci masak atau wajan tersebut, logo food grade adalah sendok dan garpu.

Satu Set atau Satu buah
Banyak produsen menjual paket peralatan memasak atau cooking set hingga terdiri dari 5, 8 atau bahkan 10 buah yang biasa dijadikan dalam harga satu paket. Mama mungkin akan mendapatkan potongan harga jika membeli cooking set ini, namun apakah itu perlu? Bahan yang sama tidak selalu bekerja dengan baik untuk setiap tugas memasak. Hanya 1 atau 2 buah yang akan sering dipakai, untuk itu pikirkan lagi kemungkinan mama hanya membeli 2 buah peralatan memasak itu saja untuk menghemat biaya.

Mama lebih baik membeli potongan satu per satu dengan bahan yang berbeda namun berguna. Misalnya, aluminium anodized panci besar dengan sisi yang tinggi dapat bekerja lebih baik untuk tumis daripada pan dadar. Jika mama ingin membuat semur, casserole dan daging panggang, pot dari besi cor dan oven microwave bisa dipakai, namun mereka jarang dimasukkan dalam satu paket cookware sets dengan satu harga.Inilah pentingnya mama hanya memilih membeli peralatan masak yang berguna ketimbang satu set peralatn memasak dengan beda ukuran saja.

Semoga mama bisa memaknai cara memilih peralatan masak ini. Happy shoping, happy cooking.