PDFCetakSurel

Cara Mengenali Telur Palsu

Info dan Tips

Cara Mengenali Telur Palsu

Cara Mengenali Telur Palsu


Halo mama, kali ini kita tidak akan membahas tentang resep masakan. Namun membahas yang tidak kalah penting dari cara membuat masakan, yakni TELUR PALSU. Telur palsu, mungkin sebagian dari mama masih merasa heran, benarkah ada telur palsu? Ya, sekarang telur palsu tersebut sudah dibuat di China, dan siap memasuki wilayah Indonesia menjelang perdagangan bebas Asia Tenggara AFTA 2015. Makanya mama harus sudah mengetahui cara mengenali telur palsu.

 

Cara Mengenali Telur Palsu Buatan Tiongkok


Belum lama ini, para peneliti menemukan cara membuat telur palsu. Dan dalam waktu yang sangat singkat telur-telur ini diproduksi secara masal dan dijual di China. Bahkan menjadi bahan mainan orang-orang di kampung di china. Cara membuat telur palsu ini sangat gampang, bahannya murah dan bisa diproduksi secara masal sehingga memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan pembuatnya

Indonesia menjadi salah satu target pasar telur palsu ini. Saat AFTA 2015 berlaku, tidak ada lagi halangan mereka menggempur Indonesia. Telur palsu ini akan mengancam masyarakat Indonesia langsung karena tidak memiliki gizi sama sekali. Sebagian ahli berpendapat bahwa telur palsu ini berbahaya bagi kesehatan. Dan yang pasti, ini akan menghancurkan peternak-peternak ayam petelur kita

Harga telur palsu ini sangat murah, sekitar setengahnya jika sudah mencapai pasar Indonesia. Yang mengerikan adalah jika para penjual mencampurnya dengan 'telur asli buatan ayam'. Jadi kita mesti lebih berhati-hati saat membeli telur, mengetahui perbedaan telur asli dengan telur palsu ini harus kita miliki. Sebab walaupun rasanya enak, namun dapat berdampak serius pada kesehatan kita.

Cara Membuat Telur Palsu
Sebelum kita membahas cara mengenali telur palsu lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui bagaimana telur palsu itu dibuat.

1. Cangkang telur palsu dibuat dari bahan dasar calcium carbonate. Selain calcium carbonate, untuk membuat cangkang telur palsu juga menggunakan  paraffin wax, bubuk gypsum, dan bahan-bahan lain.
2. Kuning dan putih telur dibuat menggunakan bahan dasar yang sama, yaitu:

  • Sodium Alginate
  • Alum
  • Gelatin (<--- bisa jadi bahannya dari ekstrak babi yang haram bagi Muslim)
  • Calcium Chloride (yang bisa dimakan)
  • Air dan pewarna makanan

3. Untuk membuat kuning telur, hanya ditambah pewarna makanan berwarna kuning telur dari bahan yang sama. Ditambah dengan bahan kimia calcium chloride untuk membuat kuning telur dan putih telur berbeda tipis.
4. Telur palsu hampir 100% dibuat dari bahan-bahan kimia berbahaya yang tidak baik bagi tubuh manusia. Meskipun rasanya enak dan menyerupai rasa telur ayam, namun telur palsu tidak mempunyai kandungan nutrisi layaknya telur asli, yang ada malah yang ada adalah kandung kimia jahat.

Cara Mengenali Telur Palsu
Berikut ini cara mengetahui perbedaan telur palsu dengan telur asli :

  1. Cangkang telur palsu lebih terlihat tipis, namun tidak begitu kentara jika tidak kita perhatikan.
  2. Saat kita raba, cangkang telur palsu terasa lebih kasar dibandingkan dengan cangkang telur asli.
  3. Saat telur palsu kita Kocok, akan menimbulkan suara berisik yang disebabkan kandungan air dari bahan cairnya. Dan putih telur dan kuning telurnya akan menyatu bila dikocok.
  4. Telur palsu tidak berbau amis, berbeda dengan telur asli berbau lebih amis seperti daging mentah.
  5. Pecahkan telur dalam mangkuk dan kocok, telur asli akan bersuara lebih nyaring dibandingkan telur palsu.
  6. Jika kita buka cangkang telur dan diletakkan di piring, maka dalam waktu yang singkat kuning dan putih telur pada telur palsu akan segera menyatu karena terbuat dari bahan dasar yang sama.
  7. Kuning telur akan pecah serta menyebar dengan sendirinya tanpa kita sentuh saat kita goreng.


Fake chicken eggs ini jika terus menerus kita konsumsi akan menyebabkan gangguan metabolisme, kerusakan pada syaraf-syaraf otak, merusak kerja liver, senile dementia dan merusak sel-sel darah.

Telur palsu goreng mungkin akan terlihat lebih enak dibandingkan dengan telur ayam asli, sebab memiliki busa lebih banyak. Mama dirumah harus lebih berhati-hati dalam memilih telur, jangan tergiur dengan harga yang murah. Telur palsu juga berbeda dengan telur yang gagal menetas yang biasanya direbus dan dijual oleh para peternak/penetas ayam dengan harga murah.



Saat manusia mencoba melawan kuasa tuhan, maka manusia lain juga akan mendapat hancurnya.


Refferensi :
Sumber dan foto
http://bbs.39.net/ss/topic/1246851.html
http://www.chinahush.com/2009/04/24/how-to-identify-fake-chicken-eggs/
http://en.wikipedia.org/wiki/User:Discott/fake_chicken_eggs
http://youtu.be/u8I7wOmzDJs